IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

951 PPS di 317 Desa/Kelurahan di Kabupaten Indramayu Resmi Dilantik

951 PPS di 317 Desa/Kelurahan di Kabupaten Indramayu Resmi Dilantik

 

INDRAMAYU –

Mengawali dimulainya tahapan lanjutan Pilkada serentak 2020 pasca penundaan tahapan karena imbas pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19), KPU Indramayu melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melantik dan mengambil sumpah petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pelantikan dan pengambilan sumpah PPS secara serentak pada tanggal 15 Juni 2020 sejalan dengan Keputusan KPU RI bahwa tahapan lanjutan Pilkada serentak 2020 dimulai pada tanggal tersebut.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Indramayu, Pitrahari mengatakan jumlah petugas PPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020 sebanyak 951 orang. Jumlah tersebut tersebar di 317 desa/kelurahan dan 31 kecamatan yang ada di Kota Mangga. Masing-masing desa/kelurahan berjumlah 3 orang.

Menurutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah PPS tidak dipusatkan dalam satu titik tetapi disebar di masing-masing kecamatan dan pelantikannya dilakukan oleh Komisioner PPK. Disebarnya pelantikan itu untuk menerapkan social distancing sesuai anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.

“Kami telah mendelegasikan masing-masing PPK untuk melantik dan mengambil sumpah PPS. Pelantikan dan pengambilan sumpah itu dilakukan secara serentak dengan memperhatikan protocol kesehatan sesuai anjuran Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Indramayu, seperti pengukuran suhu tubuh, memakai masker, cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer dan jaga jarak,” kata dia saat memonitor pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah PPS Kecamatan Sindang di Kantor Desa Terusan, Senin (15/06/2020).

Dikatakan, pelantikan PPS secara serentak pada tanggal 15 Juni 2020 sejalan dengan Keputusan KPU RI bahwa tahapan lanjutan Pilkada serentak 2020 dimulai pada tanggal tersebut. Artinya bertepatan dengan hari pertama kerja pada tahapan lanjutan Pilkada Indramayu yang akan digelar pada 09 Desember 2020 mendatang pihaknya langsung melakukan pelantikan PPS.

Usai dilantik sambung dia, mereka (PPS) akan mengikuti kegiatan-kegiatan lainnya seperti bimbingan teknis untuk persiapan kegiatan verifikasi faktual dukungan calon pasangan perseorangan dan di Indramayu sudah ada satu pasangan calon perseorangan. “Imbas Covid-19 kami bekerja secara marathon untuk menuntaskan empat kegiatan yang tertunda yakni pelantikan PPS, verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan PPDP dan coklit data pemilih,” ungkapnya.

Pitrahari menyebutkan, tugas PPS diantaranya membentuk PPDP, mengangkat KPPS dan menyusun data pemilih ditingkat desa/kelurahan masing2. “Usai bimtek petugas PPS akan melakukan rekapitulasi hasil verifikasi faktual terhadap calon perseorangan,” sebut dia.

Ia berharap dengan dilantiknya 951 petugas PPS di Kabupaten Indramayu maka tahapan selanjutnya dapat dilaksanakan tepat waktu meskipun waktunya sudah semakin mepet. “Semoga SDM yang direkrut bisa memenuhi kualifikasi dan bisa sesegera mungkin menyesuaikan diri dengan beben kerja yang sedemikian berat untuk suksesnya Pilkada Indramayu,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PPK Sindang, Suripto membenarkan pelantikan dan pengambilan sumpah PPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020 dilakukan di masing-masing kecamatan. Menurutnya, pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di masing-masing PPK karena situasi pandemi Covid-19. “Kami diberi kewenangan/pendelegasian dari KPU Indramayu untuk melantik PPS. Jumlah PPS di wilayah Kecamatan Sindang ada 30 orang dan masing-masing desa beranggotakan tiga orang,” kata dia.

Dengan dilantiknya 30 petugas PPS di Kecamatan Sindang kata dia diharapkan dapat bekerja sesuai ketentuan dan tepat waktu sehingga pelaksanaan Pilkada Indramayu berjalan sukses tanpa ekses. Suripto juga mengingatkan agar petugas PPS senatiasa menerapkan protocol kesehatan Covid-19.

Hadir pada kesempatan tersebut, Camat Sindang, Ali Suma JM, Kapolsek, Iptu Saefullah, perwakilan Koramil 1602/Sindang, Komisioner Panwaslu, A Saekhu dan undangan lainnya. (Pro/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.