IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

AKSI Desak Pemkab Indramayu Segera Jadwalkan Pilwu Serentak

AKSI Desak Pemkab Indramayu Segera Jadwalkan Pilwu Serentak

INDRAMAYU –

Belum adanya kepastian kapan pelaksanaan pemilihan kuwu (Pilwu) serantak di Kabupaten Indramayu akan digelar, sementara jabatan sekira 171 kuwu akan habis pada Januari danFebruari 2021. Para kuwu melalui Asosiasi Kuwu Seluruh Indramayu (AKSI) mendesak Pemkab Indramayu mengagendakan pelaksanaan Pilwu pada Januari 2021.

“Jika Pilwu serentak tidak digelar sebelum masa jabatan kuwu habis, kami akan melakukan aksi demo” kata Ketua AKSI, H. Tarkani AZ, di Masjid Agung Indramayu, Kamis (11/06/2020).

Ia tidak menampik, sebelumnya pilwu telah diagendakan pada 17 Desember 2020 usai Pilkada Indramayu pada 23 September 2020 namun karena imbas pandemi COVID-19 agenda tersebut diundur termasuk Pilkada Indramayu.

namun demikian ketika agenda pilkada serentak telah ditetapkan pada 09 Desember 2020 maka pihaknya pun mendesak Pemkab Indramayu agar Pilwu serentak digelar sebelum masa jabatannya habis.

“Kami tidak serta merta akan melakukan demo. Kami akan melakukan upaya persuasif terlebih dahulu dengan Pemkab Indramayu. Mudah-mudahan dengan upaya itu akan berhasil,” kata Kuwu Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang ini.

Namun demikian kata Tarkani, jika upaya itu tidak berhasil maka dengan sangat terpaksa pihaknya akan melakukan aksi demo. Pasalnya jika pilwu serentak tidak dilaksanakan sebelum masa jabatan habis pihaknya akan mengalami kerugian baik moril maupun materil.

“Kami mendesak agar Pemkab Indramayu segera mengagendakan pilwu serentak usai pelaksanaan Pilkada Indramayu, maksimalnya pada akhir Januari 2021,“ tandasnya.

Kalau pemkab bersikukuh dengan alasan masih adanya pandemi COVID-19 sambungnya, jelas ini tidak adil. Karena menurutnya apa bedanya pelaksanaan Pilkada dengan pelaksanaan Pilwu yang sama-sama mendatangkan orang banyak.

“Kalau pengunduran awal karena pandemi corona virus kami masih menyadari, tapi kalau pengunduran itu belum juga ada kepastian ini sangat merugikan para kuwu yang akan habis masa jabatnnya,” tegasnya. (Pro/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.