IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Cegah Banjir di Tol Cipali, 2 Ribu Pohon Ditanam

Cegah Banjir di Tol Cipali, 2 Ribu Pohon Ditanam

INDRAMAYU –

Perhutani bersama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) dan Pemkab Indramayu melakukan penanaman pohon secara massal di sekitar kawasan ruas tol cipali KM 136 Indramayu. Penanaman massal ini dilakukan untuk mencegah banjir di sekitar kawasan tol cipali.

Sebanyak 2 ribu pohon ditanam di kawasan sekitar tol. Dalam penanamaan pohon secara massal ini dihadiri Asda I Pemda Indramayu, Jajang Sudrajat, Wakapolres Indramayu, Kompol Nanang, Wakadiv Perhutani Jabar Banten, Ir. Amas, Administratur KPH Indramayu, Henry Gunawan, Danramil 1617/Gabuswetan, Kapten Inf. Suratno, Danramil 1613/Cikedung, Kapten Inf. Yanto dan Danramil 1615/Haurgeulis, Kapten Inf. Nakhromin.

General Manager Operasional PT LMS Suyitno mengatakan, PT LMS berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk Perhutani Kabupaten Indramayu untuk melakukan penanaman pohon pada lokasi kiri kanan Ruas Tol Cipali dimulai dari KM 122 sampai KM 142 sepanjang 20 Km dengan luas 40 Hektar.

General Manager Operasional PT LMS Suyitno mengatakan, tidak hanya di sekitar wilayah ruas Tol Cipali, secara bertahap penanaman dan reboisasi juga dilakukan dari hulu sampai hilir sungai Cilalanang sebagai antisipasi penyerapan curah hujan sehingga tidak terjadi genangan air kembali.

“Untuk mencegah terjadinya banjir, kami melakukan penanaman yang terdiri dari pohon pelindung Trembesi, Mahoni dan pohon buah yang terdiri dari pohon Mangga, Nangka, Sukun, dan Sirsak,” katanya, Jumat, (10/01/2020).

Ia melanjutkan, selain mencegah banjir penanaman pohon juga untuk meningkatkan penyerapan debu dan polusi udara serta membangun kembali ekosistem alam.

“Penghijauan dilakukan secara bertahap, hari ini sebanyak 200 pohon. Total pohon yang akan ditanam nantinya sebanyak 39.600 pohon. Pohon pelindung Trembesi dan Mahoni merupakan tumbuhan yang memiliki daya serap CO2 yang baik mampu mengembalikan fungsi dari lahan tersebut salah satunya penyerapan debu saat musim kemarau dan air dikala musim penghujan,” terangnya.

Sementara itu, Waka Wakadiv Perhutani Jabar Banten, Ir. Amas mengucapkan terima kasih kepada stakeholder baik TNI, Polri dan elemen masyarakat yang telah hadir dalam kegiatan pelestarian lingkungan dengan penghijauan.

“Dalam pelaksanaan program penghijauan sejuta pohon di wilayah Kabupaten Indramayu ini bertujuan untuk pelestarian lingkungan di hutan guna menjaga oksigen yang lebih baik lagi. Kami berpesan kepada para petani penggarap untuk menjaga tanaman yang telah kita tanam jangan sampai dirusak karena penghijauan ini sangat penting dalam lingkungan kita,” kata dia. (Nanang)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.