IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Cirebon Power Serap 50 Persen Tenaga Kerja Lokal untuk Proyek PLTU Unit 2

Cirebon Power Serap 50 Persen Tenaga Kerja Lokal untuk Proyek PLTU Unit 2

 

CIREBON –

Cirebon Power akan menyerap potensi tenaga kerja lokal hingga 50% dari keseluruhan tenaga kerja dalam proyek pembangunan PLTU Cirebon Power Unit 2.

Komitmen tersebut tertuang dalam penandatanganan kesepakatan antara Cirebon Power, Hyundai Engineering & Construction (HDEC) dan Komite Rekruitmen Tenaga Kerja ASPAM (Astanajapura, Pangenan dan Mundu). Tenaga kerja lokal yang diserap berasal dari 9 desa di tiga kecamatan. Di antaranya Kecamatan Mundu, Astanajapura dan Pangenan.

Wakil Presiden Direktur Cirebon Power, Joseph Pangalila mengatakan, dengan adanya kesepakatan tersebut, nantinya rekruitmen tenaga kerja akan dikoordinir melalui komite rekruitmen yang mewakili sembilan desa di sekitar pembangkit.

“Dengan adanya penandatanganan ini pada saat pembangunan PLTU Unit 2 pada saat mencapai puncaknya total pekerja itu ada sekitar 4.000. Setidaknya 50 persen berasal dari pekerja lokal,” katanya, Rabu (15/5/2019).

Joseph menyatakan, seleksi pekerja akan dilakukan secara obyektif dan bebas dari KKN. Karena sebayak 1.600 pekerja sudah pernah direkrut pada pembangunan PLTU sebelumnya. “Semoga tidak ada keluhan dalam proses rekruitmen, jangan ada KKN dan lainnya. Hanya potensi terbaik dan kompeten yang didorong untuk bekerja,” ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini progres pembangunan sudah mencapai 47% dan ditargetkan akan selesai pada tahun 2022 mendatang, saat beroperasi nanti akan menyerap sekitar 2.000 pekerja. “Kalau semua bekerjasama dengan baik, semoga kita bisa mencapai komposisi 50%, yang berarti sekitar 2.000 tenaga kerja dari Cirebon,” ungkapnya.

Sementara, Lee Yun Seok, Project Director Hyundai Engineering & Construction (HDEC), siap menampung sebanyak-banyaknya tenaga kerja lokal. Namun tentunya, tenaga kerja tersebut akan dilihat sesuai dengan kebutuhan proyek.

“Jumlahnya berapa yang akan kita serap, kita belum bisa hitung. Tapi sebanyak-banyaknya,” katanya.

Lee juga mengungkapkan, cukup banyak posisi yang bisa diisi oleh tenaga kerja lokal sesuai dengan perkembangan proyek saat ini, misalnya welder, fitter, helper dan lainnya. (Juan)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.