IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Jadi Gudang Bibit Atlet Cabor Atletik, Kabupaten Kuningan Dilirik Kemenpora

Jadi Gudang Bibit Atlet Cabor Atletik, Kabupaten Kuningan Dilirik Kemenpora

 

KUNINGAN –

Sebagai kabupaten pendulang medali terbanyak cabor atletik di Porda Jabar 2018, membuat Kuningan dilirik pemerintah pusat sebagai salah satu daerah untuk pengembangan olahraga atletik karena dinilai memiliki banyak bibit atlet atletik .

Salah satunya yakni dengan tes identifikasi bakat Cabor Atletik di Stadion Mashud Wisnusaputra, Kamis (25/4/2019), yang diadakan Kemenpora RI bekerjasama dengan Disporapar dan Pengcab PASI Kuningan, Kamis (25/4/2019).

“Ini suatu kegiatan yang sangat positif, dan sangat berdampak terhadap perkembangan teman-teman atlet khususnya di Kuningan. Ada sebanyak 250 peserta yang ikut tes ini dari pelajar sewilayah Kuningan,” kata Ketua PASI Kuningan, Nana Sugiana saat dimintai keterangan persnya.

Menurut Nana, adanya proses identifikasi bakat cabor atletik ini, diharapkan dapat menghasilkan atlet-atlet cabor atletik yang berpotensi dan bisa diandalkan, khususnya untuk negara di event internasional. Sebagian besar peserta itu berusia 12-15 tahun dari perwakilan sejumlah sekolah di Kabupaten Kuningan.

“Ratusan pelajar ini akan mengikuti tes identifikasi bakat cabang olah raga atletik sebanyak 10 tahapan. Misalnya seperti lari 40-800 meter, lempar tangkap, loncat tegak dan beberapa tes lainnya,” sebut Nana.

Sementara itu perwakilan Kemenpora RI, Mohammad Aziz mengatakan, Cabor atletik merupakan salah satu Cabor unggulan dari empat Cabor yang terus digenjot pemerintah pusat, diantaranya Cabor Dayung, Bulutangkis, dan Angkat Besi. Sesuai dengan koordinasi dengan PB PASI, bahwa Kuningan menjadi salah satu rekomendasi pengurus PASI pusat untuk diadakan seleksi tersebut.

“Jadi setelah kami koordinasi dengan PB PASI, daerah mana nih yang kira-kira atletnya ada, kemarin juga kami ke Salatiga. Kuningan kita juga tahu, banyak junior dan senior saya dari Kuningan menjadi Juara PON hingga berangkat ke SEA Games,” sebutnya.

Oleh sebab itu, dia berharap, para atlet Cabor Atletik ini tidak hanya berprestasi di level daerah saja melainkan bisa lebih tinggi seperti di tingkat nasional. Sebab atlet berprestasi cabor Atletik di tahun ini hanya ada di 10 titik, salah satunya yaitu Kabupaten Kuningan.

“Semoga momentum ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta seleksi. Ini kesempatan yang luar biasa, karena atletik itu tahun ini hanya ada di 10 titik saja, salah satunya Kuningan,” terangnya.

Hasil tes itu pun kata Aziz, nantinya akan diserahkan kepada pihak PASI dan pemerintah daerah. Sehingga peserta yang terpilih akan dibina untuk menjadi perwakilan daerah ke kompetisi bergengsi baik tingkat daerah maupun nasional. (Andri)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.