IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

KPU Kuningan Bakal Manfaatkan Kotak Suara Bekas Pilgub untuk Tutupi Kekurangan

KPU Kuningan Bakal Manfaatkan Kotak Suara Bekas Pilgub untuk Tutupi Kekurangan

KUNINGAN

KPU Kabupaten Kuningan berencana bakal menggunakan kotak suara bekas Pemilihan Gubernur Jawa Barat, akibat masih adanya kekurangan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kuningan. Jumlah kekurangan kotak suara di 32 PPK masing-masing berjumlah 2 buah.

“Surat suara sudah terpenuhi semua, kotak suara juga sudah, tinggal kekurangan tingkat kecamatan. Hasil koordinasi dengan Bawaslu Kuningan akan menggunakan kotak suara Eks Pilgub 2018, jumlahnya mencapai 64 buah,” kata Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi, Senin (15/4/2019).

Dia menilai, jenis kotak suara bekas Pilgub itu memiliki kemiripan yang sama, dan layak untuk dipergunakan pada proses Pilpres maupun Pileg nanti.

“Karena kotak suara eks Pilgub ini sama persis dengan kotak suara yang ini (Pilpres dan Pileg). Nah ada salah satu bagian yang transparan menggunakan mika, pokoknya sama persis, dan memenuhi syarat untuk digunakan,” katanya.

Selain itu kata Asfa sapaan akrabnya, kondisi kotak suara Eks Pilgub saat ini masih utuh tersimpan rapih di Gudang KPU Kabupaten Kuningan. “Kondisinya juga baik, tersimpan di gudang KPU Kuningan,” imbuhnya.

Lebih dalam, Dia menyebut, saat ini logistik yang belum terdistribusikan yakni jenis kotak suara DPRD Kabupaten.

“Di kabupaten itu kotak suara DPRD Kabupaten. Kenapa baru didistribusikan sekarang, sebab ada jenis formulir yang memang baru bisa ditarik tadi malam dari Bandung,” terangnya.

Usai diambil dari Bandung, pihaknya belum bisa langsung mendistribusikan, karena harus dilakukan pengepakan maupun penyortiran logistik karena jumlahnya banyak.

“Sementara jenis logistik itu lumayan cukup banyak, harus kita sortir, harus kita set, harus kita pack, dan itu memakan waktu. Alhamdulillah hari ini sudah tuntas, dan saat ini sudah mulai persiapan untuk distribusi kotak suara DPRD yang terakhir,” jelasnya.

Setelah tuntas disortir lanjut Asfa, pihak KPU segera melakukan distribusi logistik tersebut dengan prioritas jarak terjauh.

“Nah karena terkait dengan penjadwalan, untuk tahap pertama kita prioritaskan untuk kecamatan yang lokasinya jauh dan menantang seperti Selajambe, Cilebak, Subang dan terus menyisir dari jauh-jauh dulu. Kemudian semakin dekat dengan titik kabupaten, maka bisa dilakukan malam ini,” tutupnya.

Terjunkan 3.000 Personel Gabungan
Sementara itu sebanyak 3.000 petugas gabungan baik Polri, TNI, maupun Linmas bersiap mengamankan 3.566 TPS se-Kabupaten Kuningan jelang pencoblosan 17 April. Kesiapan petugas diawali dengan apel gelar pasukan di Pandapa Paramarta Kuningan, Senin (15/4/2019).

“Kita semua hari ini akan bergeser mendekat ke TPS untuk melakukan pengamanan. Ada sekitar 504 personil yang akan kita geser pengamanan langsung di TPS, semua petugas agar berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aparat penyelenggara,” kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan SIK.

Dia menekankan, agar semua petugas gabungan khususnya Polri, dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat menyalurkan hak pilihnya pada Pileg maupun Pilpres nanti. (Andri)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.