IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Lelang Online ‘Barbuk’ oleh Kejari Kuningan Diminati Warga Luar Daerah

Lelang Online ‘Barbuk’ oleh Kejari Kuningan Diminati Warga Luar Daerah

 

KUNINGAN –

Peminat lelang secara online dengan sistem close bidding (penawaran tertutup) rupanya cukup diminati oleh warga dari luar daerah Kabupaten Kuningan. Hal itu terlihat, dari beberapa pemenang lelang online yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuningan, Jumat (20/9).

Sejumlah peminat lelang yang resmi terdaftar diantaranya dari Trenggalek hingga Makasar. Bahkan dari satu nama peminat lelang, mengikuti beberapa lelang di jenis barang yang berbeda.

“Peminat lelang kali ini memang kebanyakan dari luar daerah. Walaupun ada juga pemenangnya dari Kuningan ini sendiri, karena memang sistem online jadi kebanyakan luar daerah misalnya dari Trenggalek hingga Makasar,” kata Kasubag Bin Kejari Kuningan, Siti Barokah SH didampingi pejabat lelang KPKNL Cirebon Susi Deni Wijaya.

Dia menyebutkan, dari total 40 barang yang telah dilelang, ada sebanyak 29 item laku terjual. Sedangkan sisa 11 barang lelang yang belum laku terjual, akan kembali dilakukan lelang serupa di lain waktu.

“Barang yang laku terjual dengan nilai cukup tinggi berupa satu unit mobil APV Pick Up dengan harga Rp38 juta sekian, lalu barang yang laku dengan nilai terendah itu Rp60 ribu yakni handphone nokia. Jika nanti barang yang akan dilelang lebih dari 10 item, maka kita akan lakukan dengan metode close bidding lagi,” terangnya.

Namun sebaliknya, lanjut Siti, jika barang yang dilelang kurang dari 10 item maka akan dilakukan lelang dengan cara open bidding (lelang terbuka). Bagi pemenang lelang diberikan waktu lima hari kerja sejak ditetapkan saat lelang, agar melakukan pelunasan barang.

“Lima hari melakukan pelunasan, dan untuk mengambil barang nanti ke kantor Kejari Kuningan. Kita juga butuh bukti pelunasan barang tersebut, yakni berupa kwitansi yang dapat diambil ke kantor KPKNL Cirebon,” ungkapnya.

Jika peminat lelang yang terdaftar tapi tidak menang saat lelang, pihaknya memastikan, bahwa uang yang telah ditransfer akan dikembalikan lagi ke rekening masing-masing sesuai data diri saat pendaftaran.

“Jadi kalau ikut lelang tapi tidak menang, lalu uang jaminan yang telah masuk akan dikembalikan selang satu hari ke masing-masing rekening peserta lelang,” tutupnya. (Andri)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.