IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Pemdes Rambatan Wetan Ingatkan Warga soal Ancaman Virus Corona

Pemdes Rambatan Wetan Ingatkan Warga soal Ancaman Virus Corona

INDRAMAYU –

Himbauan social distancing yang dilakukan pemerintah pusat sebagai salah satu cara untuk memerangi pandemi virus corona, terus disosialisasikan hingga ke tingkat desa.

Di Desa Rambatan Wetan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, misalnya, menindaklanjuti himbauan tersebut pemerintah desa (pemdes) setempat membuat selebaran dan dibagikan kepada pengurus RT/RW untuk ditempel dibeberapa lokasi strategis juga diumumkan dengan pengeras suara di musholla-musholla dan masjid.

Kuwu Desa Rambatan Wetan, Hj. Tumiah mengatakan menindaklanjuti himbauan dari Pemerintah Kecamatan Sindang untuk mengingatkan warga agar senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat seiring mengguritanya virus corona, pihaknya membuat himbauan dalam bentuk selebaran. Selebaran tersebut dibagikan ke pengurus RT/RW untuk ditempel dibeberapa lokasi strategis dan diumumkan di masjid dan musholla.

Menurutnya, meski pemberitaan seputar pandemi corona sangat banyak namun tidak salah jika pihaknya membuat himbauan dimaksud. Hal itu untuk kembali mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap sebaran virus vorona.

Himbauan itu kata dia merupakan salahsatu bentuk kampanye untuk memerangi penyebaran virus corona Covid-19 yang digalakan pemerintah sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selain imbauan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

“Dalam selebaran itu kami menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi dan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, tidak mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang banyak atau berkerumun seperti kegiatan hajatan, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pasar malam desa,” kata Hj. Tumiah, Kamis (26/03/2020).

Himbauan lainnya sambung dia, masyarakat tidak berpergian ke luar kota bila tidak penting, tidak menerima tamu terutama dari luar, untuk sementara komunikasi via hanphone, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun, makan buah-buahan, sayur-sayuran dan minum vitamin, hindari sentuhan dengan tidak berjabat tangan, pakai masker saat ke luar rumah, olahraga dan menjemur badan di pagi hari minimal 15 menit.

Sementara itu Ketua RW 04, Karta Ibnu Tarmidzi mengatakan himbauan social distancing dari Kuwu Rambatan Wetan telah ditempel dibeberapa tempat strategis dan untuk memaksimalkan himbauan itu pihaknya mengumumkannya melalui pengeras suara dibeberapa musholla dalam wilayah binaannya.

“Dengan himbauan itu semoga masyarakat Desa Rambatan Wetan terbebas dari sebaran virus corona,”harapnya. (Pro/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.