IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Pemkot Cirebon Punya Cara ‘Sederhana’ untuk Jaga Ketahanan Pangan

Pemkot Cirebon Punya Cara ‘Sederhana’ untuk Jaga Ketahanan Pangan

 

CIREBON –

Walaupun memiliki lahan produktif yang kecil dibandingkan luas wilayahnya, Pemkot Cirebon menjamin ketahanan pangan masyarakat tetap terjaga.

Agar tidak terjadi kerawanan pangan dan menjaga produk pangan yang dihasilkan berkualitas baik, Pemkot Cirebon memiliki strategi khusus dalam memanfaatkan lahan serta pemanfaatan teknologi alternatif.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis meyakinkan, pihaknya menjamin masyarakat tidak akan mengalami krisis pangan. “Kami memiliki strategi yang bisa memperkuat hasil produk, nilai gizi serta keragaman pangan untuk masyarakat,” katanya, Selasa (20/8/2019).

Azis mengaku, Kota Cirebon tidak memiliki lahan luas yang bisa ditanami tanaman pangan. “Walaupun jecil, tapi harus dimanfaatkan dengancmaksimal,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon Yati Rohayati mengatakan, untuk mencegah kerawanan pangan dapat dilakukan di tingkat paling bawah yaitu rumah tangga. Caranya pun cukup sederhana yakni dengan menanam tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari di halaman rumah.

“Masyarakat dapat menanam kangkung, cabai, selada air, atau sayuran lainnya yang biasa dikonsumsi sehari-hari di sekitar rumah yang tidak membutuhkan lahan yang luas,” katanya.

Dengan luas lahan pangan tidak lebih dari 10 persen dari luas wilayah Kota Cirebon, pihaknya mendorong masyarakat menerapkan urban farming.

“Keterbatasan lahan yaitu kita harus membuat strategi yang dinamakan urban farming. Jadi di halaman rumah bisa menanam secara vertikal atau polybag,” ungkapnya. (Juan)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.