IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Putus Rantai Penyebaran Corona, Pemdes Rambatan Wetan Semprot Disinfektan

Putus Rantai Penyebaran Corona, Pemdes Rambatan Wetan Semprot Disinfektan

INDRAMAYU –

Memutus rantai penyebaran virus corona Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Rambatan Wetan Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu melakukan penyemprotan disinfektan di desa setempat, Sabtu (28/03/2020).

Dalam penyemprotan tersebut, pemdes mengandeng unsur TNI/Polri/tenaga kesehatan dari Polsek, Koramil, Puskesmas Sindang, lembaga desa dan pengurus RT/RW. Penyemprotan diawali dari kantor desa setepat kemudian dilanjutkan ke beberapa lokasi lainnya seperti jalan desa, sekolah, musholla, masjid dan lainnya.

Kuwu Desa Rambatan Wetan, Hj. Tumiah mengatakan dengan dilakukan penyemprotan disinfektan diharapkan bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19 yang kian menggurita sehingga warga terbebas dari paparan virus tersebut.

“Penyemprotan disinfektan untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” kata dia.

Menurutnya, karena keterbatasan anggaran maka penyemprotan disinfektan itu hanya dilakukan dibeberapa lokasi saja seperti jalan desa, sekolah, musholla, masjid. Untuk rumah-rumah penduduk diharapkan bisa diteruskan oleh masyarakat yang dimotori pengurus RT/RW setempat dengan cara swadaya.

Penyemprotan disinfektan kata Kuwu memang efektif untuk memutus rantai penyebaran virus corona namun demikian karena penyemprotan itu tidak mungin dilakukan secara terus menerus maka yang lebih utama adalah perilaku warga itu sendiri untuk menerapkan social distancing sesuai anjuran pemerintah seperti tidak berpergian ke luar kota bila tidak penting, tidak menerima tamu terutama dari luar, untuk sementara komunikasi via handphone, hindari kerumunan, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun, makan buah-buahan, sayur-sayuran dan minum vitamin, hindari sentuhan dengan tidak berjabat tangan, pakai masker saat ke luar rumah, olahraga dan menjemur badan di pagi hari minimal 15 menit.

Ketua BPD, Warsudi menyambut baik dilakukannya penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Rambatan Wetan. Karena menurutnya, dengan dilakukannya penyemprotan tersebut semoga warga terbebas dari paparan sebaran virus corona.

“Kami mengapresiasi gerakan penyemprotan disinfektan dibeberapa lokasi desa yang dilakukan Pemdes Rambatan Wetan,” kata dia. (Pro/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.