IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Ratusan Peserta Ramaikan Kejuaraan Renang Bupati Kuningan Cup 2019

Ratusan Peserta Ramaikan Kejuaraan Renang Bupati Kuningan Cup 2019

 

KUNINGAN –

Ratusan pelajar mengikuti lomba renang Bupati Cup 2019 yang diadakan Pengcab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Kuningan di Kolam Renang Hotel Grage Sangkan Kuningan.

Bahkan salah seorang peserta di antaranya masih duduk di bangku sekolah TK. Olahraga renang bisa dikatakan memang akrab dengan anak-anak dan bahkan, tak sedikit atlet renang profesional memulai karier dari sejak sebelum usia sekolah dasar.

“Ada 162 peserta dengan nomor lomba yang dipertandingkan mencapai 410 nomor lomba. Sebab dari satu peserta itu rata-rata mengikuti empat nomor perlombaan, dan setiap nomor dapat kita pertandingkan jika ada minimal dua orang pesertanya,” kata Ketua Pengcab PRSI Kuningan, Dr Wahyu Hidayah MSi yang menjabat pula sebagai Kabag Humas Setda Kuningan saat ditemui awak media di lokasi perlombaan, Rabu (11/9).

Dia menyebutkan, ratusan peserta pelajar itu berasal dari jenjang pendidikan baik TK, SD, SMP, hingga SMA sederajat. Semua peserta hanya berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan.

“Antusias peserta ini cukup tinggi, sebab ada juga satu peserta dari TK dan 13 peserta dari SD kelas I dan kelas II. Alhamdulillah antusiasnya begitu tinggi, awal kita target hanya 80 peserta namun bisa mencapai 162 peserta,” sebutnya.

Dia menilai, sudah hampir tujuh tahun ini lomba renang antar pelajar hampir tidak ada. Sehingga perlombaan ini sebagai ruang untuk mencetak dan membina atlet-atlet muda berbakat, khususnya dalam olahraga renang.

“Kita coba ukur kecepatan waktu dari masing-masing peserta ini, sehingga kedepan kita memiliki atlet yang dapat mengikuti even lebih tinggi lagi. Even ini juga untuk mengumpulkan basis data atlet internal, sebab selama ini atlet-atlet renang yang masih usia dini belum terdata,” ungkapnya.

Tujuan lain dari even ini, lanjutnya, yakni membiasakan para atlet renang untuk melatih mental dalam berkompetisi. Sehingga ketika mengikuti lomba renang di kejuaraan lebih tinggi, para atlet sudah terbiasa.

“Kita ingin membiasakan atlet renang ini sejak kecil sudah berkompetisi. Renang ini olahraga terukur, minimal dengan kondisi seadanya ini kita bisa meningkatkan prestasi yang bagus, jika ditandingkan dengan atlet lain kita sudah siap,” tandasnya.

Sementara Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi sangat mengapresiasi, terhadap penyelenggaraan kejuaraan renang antar pelajar Kuningan.

“Kabupaten Kuningan ini memiliki banyak potensi atlet yang potensial, untuk kita jaga melalui pembinaan dalam mengembangkan potensi atlet khususnya bidang olahraga renang. Semoga kejuaraan renang ini memberikan pengalaman lomba kepada atlet renang, guna meningkatkan prestasi olahraga,” ujarnya.

Sehingga kedepan, Ia berharap, para atlet ini dapat mengharumkan nama daerah Kabupaten Kuningan dalam skala yang lebih tinggi. Even ini akan menjadi jalan untuk meningkatkan prestasi bagi para atlet khususnya dalam cabor renang. (Andri)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.