IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Sudah Rp 2 Miliar Lebih Bantuan yang Disalurkan Pertamina kepada UMKM di Indramayu

Sudah Rp 2 Miliar Lebih Bantuan yang Disalurkan Pertamina kepada UMKM di Indramayu

 

INDRAMAYU –

Komitmen Pertamina dalam membantu mengembangkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Indramayu Kembali diwujudkan melalui penyaluran dana Program Kemitraan (PK) dengan total nominal Rp 2.255.000.000.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, proses penyaluran program peminjaman modal usaha ini digelar di Ruang Ki Tinggil Pendopo Indramayu oleh Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Cecep Supriyatna, bersama Kasi Agro dan Makanan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Industri Kabupaten Indramayu (Diskopdagin) Hani Handayani kepada para mitra binaan, Minggu (15/11).

Pada agenda penyaluran ketiga di tahun 2020 ini, ada 36 bitra binaan yang menerima dana peminjaman modal, di antaranya dari sektor industri, perikanan, perdagangan, dan pertanian.

Dalam sambutannya, Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Cecep Supriyatna menyampaikan, dana yang disalurkan ini merupakan bentuk tanggung jawab Pertamina yang tertera dalam peraturan Kementerian BUMN guna meningkatkan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri.

“Insyaallah modal usaha yang dikucurkan ini bisa untuk semua kalangan dengan biaya administrasi 3 persen/tahun, dan biaya tersebut akan kembali dimanfaatkan untuk mitra binaan dalam bentuk pelatihan dan pameran”, terang Cecep.

Cecep menyatakan, Program Kemitraan juga dilaksanakan sebagai upaya memulihkan perekomonian para pelaku usaha kecil yang selama ini cukup menurun akibat pandemi COVID-19. Selain itu, diharapkan juga melalui UMKM bisa turut membantu meningkatkan roda perekonomian di wialayah Indramayu.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Agro dan Makanan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu Hani Handayani menyambut baik program kemitraan yang dikucurkan Pertamina.

“Kami berharap semua mitra binaan bisa memaksimalkan modal usaha yang dipinjamkan Pertamina agar lebih produktif dan semakin kreatif dalam memajukan usaha yang dijalankan”, ujar Hani.

Sementara itu, salah satu penerima dana program kemitraan Pertamina, Intan Suharyanti, merasa senang modal usaha yang diajukannya disetujui Pertamina. Wanita yang menjalankan usaha pembuatan kue bolu tersebut semula mengajukan permohonan sebesar Rp 200 juta, namun yang disetujui sebesar Rp 60 Juta.

“Alhamdulillah pinjaman saya disetujui Pertamina, bisa buat mengembangan usaha Bolu Bunda yang saya jalani”, ungkap Intan.(*)

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.