IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Tingkat Kesadaran Keselamatan Pengendara di Kuningan Masih Rendah

Tingkat Kesadaran Keselamatan Pengendara di Kuningan Masih Rendah

 

KUNINGAN –

Sat Lantas Polres Kuningan rutin melakukan razia kendaraan di sejumlah titik hingga daerah perdesaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka kecelakaan sekaligus antisipasi aksi pencurian kendaraan bermotor.

Razia kendaraan selama hampir satu jam ini, dipimpin langsung Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Kuningan Ipda Mei. Hasilnya, banyak pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor baik STNK maupun SIM.

Kanit Turjawali Ipda Mei menjelaskan, operasi kendaraan bermotor dilakukan agar pengendara semakin taat dalam budaya tertib berlalu lintas, sekaligus menekan angka kecelakaan dan antisipasi aksi curanmor.

Bahkan hasil patroli petugas hingga malam hari, banyak pengendara yang kurang sadar akan budaya tertib berlalu lintas. Terutama dalam hal keselamatan berkendara. Sebab banyak ditemukan pengendara yang tak menggunakan helm.

“Saat kami patroli lapangan dari siang hingga malam hari, kebanyakan pengendara tidak memakai helm. Nah kalau pagi hari banyak yang sudah mengenakan helm, hanya saja kadang lupa tidak membawa SIM atau STNK,” ungkapnya, Selasa (20/8/2019).

Pihaknya tak pernah lelah untuk terus mengingatkan para pengendara agar tertib berlalu lintas. Bahkan saat operasi juga diingatkan pada pengendara agar tidak lupa membawa surat-surat kendaraan bermotor.

“Kami menemukan banyak yang tidak memiliki SIM itu didominasi kalangan pelajar di bawah umur. Sebetulnya soal pelajar ini, harusnya pihak sekolah memberi imbauan agar para pelajaranya yang tidak memiliki SIM tidak membawa kendaraan sendiri,” imbaunya.

Pihaknya menyebut, jika melihat akses transportasi di wilayah perkotaan, sebagian besar sudah banyak dilewati angkutan umum. Sedangkan untuk operasi kendaraan, menjadi tugas kepolisian dari Sat lantas sebagai penegak hukum yang terus mengingatkan pengendara agar tertib berlalu lintas. (Andri)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.