IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Tolak UU KPK dan RKHUP, Puluhan Mahasiswa Unswagati Cirebon Long March

Tolak UU KPK dan RKHUP, Puluhan Mahasiswa Unswagati Cirebon Long March

 

CIREBON –

Berawal dari Kampus puluhan mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon longmarch ke perempatan jalur Pantura Cirebon.

Mereka turun ke jalan menyuarakan sejumlah tuntutan, diantaranya adalah mendorong Presiden menolak UU KPK, Mendesak Presiden menolak RKUHP, dan mendesak pemerintah menangkap mafia pembakaran hutan dan lahan.

Dengan membentangkan sepanduk bernada penolakan dan orasi, mereka sempat hendak menaiki truk yang melintas, namun aksi gagal karena dengan cepat dihalau petugas yang berjaga.

Koordinator aksi demonstrasi Kasto Muhamad mengatakan, hingga kini banyak persoalan yang muncul di Indonesia yang menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

“Dari kalangan perkantoran hingga warung kopi santer pembicaraan mengenai kebakaran hutan, revisi UU KPK, dan RKUHP. Itu tandanya masyarakat kian kritis menyikapi isu yang sedang terjadi,” katanya, Jumat (20/9/2019).

Menurutnya, kebijakan yang muncul seperti UU KPK dan RKUHP merupakan pengkhianatan terhadap amanat konstitusi, karena dalam proses pembuatannya maupun isinya masih banyak yang tidak sesuai dengan amanat. “Ini artinya pengkhianatan terhadap hukum yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Ia menilai, Karhutla yang terjadi di beberapa daerah seperti Ruai, Kaltim, Kalteng sangat merugikan masyarakat. “Tentunya kebakaran ini terjadi tanpa sebab. Kami mendesak pemerintah mencari dan menindak tegas bagi pelaku pembakaran,” ungkapnya.

Ia menambahkan, hukum itu bertujuan untuk melindungi masyarakat bukan mengebiri bahkan merampas hak rakyat. “Jika hari ini pemerintah mengeluarkan kebijakan yang tidak pro dengan masyarakat, maka sudah semestinya kita bersikap untuk melantangkan suara kebenaran rakyat sesuai dengan amanat konstitusi,” pungkasnya. (Juan)

 

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.