IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Toto – Deis Lolos Verifikasi Faktual Pilkada Indramayu

Toto – Deis Lolos Verifikasi Faktual Pilkada Indramayu

 

INDRAMAYU –

Bakal calon (Balon) Perseorangan Toto Sucartono – Deis Handika (Toska) lolos verifikasi factual (verfak) dan dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan pencalonan pendaftaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020. Tahapan pendaftaran pada tanggal 4 – 6 September 2020. Hal itu terungkap melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2020 di Aula KPU Kabupaten Indramayu, Senin (20/07/2020).

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menjelaskan rapat pleno terbuka ini merupakan bentuk tindak lanjut dari verfak balon perseorangan selama 14 hari sejak 27 Juni 2020 oleh teman-teman PPS dan direkapitulasi di tingkat PPK secara serentak pada tanggal 13 Juli 2020 dan hari ini dilakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2020 tingkat kabupaten di KPU.

Pada saat verfak kata dia verifikasi administrasi (vermin) model B.1-1 KWK yang diturunkan kepada teman-teman PPS melalui PPK sejumlah 120.452 dukungan. Dari jumlah tersebut setelah dilakukan verfak dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 95.592 dukungan. Sisanya tidak memenuhi syarat (TMS).

Menurutnya, dukungan syarat minimal balon perseorangan untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati sebanyak 87.959 dukungan. Sementara dukungan balon perseorangan Toska yang MS mencapai 95.592 dukungan.

“Setelah dilakukan verfak oleh PPS selama 14 hari, dukungan balon perseorangan dinyatakan cukup dan sudah memenuhi syarat minimal dan boleh melanjutkan untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni proses pencalonan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati Indramayu tanggal 4-6 september 2020,” kata dia didampingi Komisioner KPU lainnya usai rapat pleno terbuka.

Toni tidak memungkiri saat verfak ada kendala dilapangan diantaranya masyarakat pendukung tidak bisa ditemukan karena alasan pekerjaan, pindah dan meninggal dunia.

“Kendala dilapangan sekitar 8 persen dan dari 120.452 dukungan dinyatakan TMS sekitar 20 persen,” sebut Toni.

Sementara itu, Balon Bupati Indramayu Toto Sucartono mengaku bersyukur pihaknya dinyatakan lolos verifikasi factual. Ia menyebutkan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2020 merupakan wujud final dari rapat serupa sebelumnya di tingkat PPK.

“Rapat pleno terbuka sudah final dan hasilnya sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Intinya melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Calon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu Tahun 2020, kami dinyatakan lolos dan menjadi pasangan calon bupati dan wakil bupati 2020,” kata dia didampingi Deis Handika, Ketua Tim Pemenangan Sudrajat, Koordinator LO, Rahmat dan pendukung lainnya usai mengikuti rapat pleno terbuka.

Menurutnya, apa yang dikhawatirkan teman-teman dilapangan bahwasanya dukungan masyarakat hanya menginginkan hadiah salah satunya jalan sehat yang pernah dilakukan pihaknya itu salah besar. Jalan sehat merupakan bagian akumulasi daripada deklarasi. “Mereka betul-betul mendukung, buktinya memenuhi syarat mencapai 95.592 dukungan. Namun demikian ketika ada satu dua yang tidak mendukung itu hal wajar. Itu dinamika didalam politik,” ujar Ketua Asosiasi Calon Bupati Perseorangan se-Indonesia ini.

Ditambahkan, Verfak ini luar biasa sekali, pihak penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu betul-betul sangat profesional. “Verfak dilakukan sangat ketat dan ini wujud suatu demokrasi yang betul-betul konkrit,” tambahnya. (Pro/IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.