Next Post
bjb okt 2

4 Pesawat Militer Amerika Serikat Mendarat di BIJB Kertajati, Ada Apa?

MAJALENGKA – Sebanyak 4 pesawat C-17 Globemaster milik militer Amerika Serikat mendarat di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pesawat tersebut singgah di bandara kebanggan warga Jawa Barat untuk mengisi bahan bakar setelah membawa pasukan dari Guam ke Baturaja, Sumatera Selatan dalam misi latihan militer bersama tentara Indonesia.

Di Baturaja sendiri, Angkatan Darat Amerika Serikat latihan terjun payung bersama pasukan TNI AD. Latihan tempur bersama antara US Army dan TNI AD digelar hingga 14 Agustus 2021 mendatang, di 3 lokasi berbeda yakni Baturaja, Sumatera Selatan; Amborawang, Kalimantan Timur; dan Makalisung, Sulawesi Utara.

Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis PT BIJB (Perseroda), Ibut Astono mengatakan, secara umum fasilitas BIJB Kertajati sangat memadai untuk melayani baik pesawat berbadan sedang hingga besar.

Hal ini dibuktikan dengan pendaratan pesawat militer milik Amerika C-17 yang mendarat dengan aman dan normal. “Alhamdulillah secara sarana dan prasarana kita siap melayani pesawat berbadan besar,” katanya, Senin (10/8/2021).

Dalam menyambut pesawat tersebut, pihaknya berkordinasi dengan Pertamina dan Imigrasi untuk penyediaan bahan bakar dan regulasi keimigrasian. “Bahan bakar dari Pertamina tersedia normal, dan Imigrasi menyiapkan regulasinya,” imbuhnya.

Dalam latihan tempur yang dibagi dalam 3 bagian yakni latihan gerilya, latihan kendaraan berat, dan latihan terjun payung 4 pesawat tersebut singgah dalam perjalanan dari Baturaja kembali ke Guam.

“Kenapa singgah ke BIJB Kertajati, karena perjalanan kembali ke Guam cukup panjang oleh karenanya mengambil waktu untuk mengisi bahan bakar,” tuturnya.

Ke depan, BIJB Kertajati sangat terbuka untuk penerbangan jarak jauh baik penumpang maupun kargo karena didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

“Pendaratan 4 pesawat C-17 bisa menjadi ekspos Bandara Kertajati, bahwa bandara ini siap didarati pesawat lainnya baik kargo mapun penumpang yang berbadan lebar dengan penerbangan jarak jauh,” pungkasnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News