Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

5 Objek Wisata di Majalengka, Cocok untuk Mengusir Penat

20210825_Situ Cipanten Majalengka

MAJALENGKA – Wisata self healing atau cara penyembuhan diri dengan cara berwisata saat ini sedang populer.

Proses penyembuhan diri semacam ini dilakukan untuk menghilangkan penat karena rutinitas yang membuat pikiran menjadi stres, seperti karena pekerjaan, atau tugas kampus yang bikin otak jadi mumet dan lainnya.

Untuk mendorong pada kesembuhan mental semacam ini, kita bisa melakukan kegiatan yang bisa mencari ketenangan. Salah satunya berwisata.

Ya, dalam kondisi seperti ini berwisata salah satu cara agar pikiran menjadi tenang.

Di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ada banyak pilihan destinasi wisata untuk mengusir penat dan mendapatkan ketenangan jiwa. Berikut daftarnya:

1. Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan dulunya hanya dijadikan sawah untuk lahan pertanian masyarakat setempat. Kini area tersebut sudah dijadikan ikonik Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) di Kabupaten Majalengka.

Objek wisata yang terletak di wilayah Kecamatan Argapura ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuyarkan dari stressnya pikiran. Sebab, di sini kamu akan disuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata dan juga udara yang bisa mendinginkan jiwa dan pikiran.

Tempat yang menyuguhkan hamparan sawah hijau ini pertama kali dikenalkan kemasyarakat luas oleh seorang fotografer asli putra daerah yakni Oka Supardan.

Oka berhasil memamerkan terasering Panyaweuyan pada saat mengikuti lomba foto pada salah satu acara pameran di Jakarta pada tahun 2015 silam.

Hingga saat ini Panyaweuyan jadi salah satu ODTW Majalengka yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal baik luar daerah.

2. Pinus Argalinga

Hutan yang dikelilingi pohon pinus ini biasanya sering dijadikan tempat camping atau hanya sekedar berkunjung untuk dinikmati ketenangan alamnya.

Sama seperti halnya Terasering Panyaweuyan, objek wisata yang terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura ini memiliki ketenangan alam dan udara yang sangat menyejukkan.

Jarak tempuh objek wisata ini memakan waktu sekitar 45 menit dari alun-alun Majalengka. Lokasinya tak jauh dari objek wisata Terasering Panyaweuyan diperkirakan hanya berjarak sekitar 2 kilometer.

Tempat yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai ini cocok buat kamu yang ingin menikmati liburan panjang dengan keluarga atau kerabat. Pasalnya, di objek wisata ini kamu bisa sambil bermalam, jadi mending bawa tenda aja deh dari rumah biar langsung bermalam di sana.

3. Kebun Teh Cipasung

Kebun teh yang memiliki luas sekitar 58 hektare ini memiliki udara yang sangat menyegarkan. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati udara segar sambil berjalan-jalan dengan menikmati keindahan alam perkebunan teh tersebut.

Kebun teh ini terletak di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, tepatnya di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis. Akan lebih menarik jika kamu berkunjung ke sana pada saat musim panen sembari melihat petani memetik daun teh.

Adapun jarak tempuh untuk bisa sampai di kebun teh itu memakan waktu kurang lebih hampir 2 jam dari pusat kota Majalengka.

4. Curug Cipeuteuy

Objek wisata yang terletak di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi ini menyuguhkan keindahan air terjunnya yang cantik dan suasana alam yang masih asri itu dapat menghilangkan stress jika kita berlibur ke Curug Cipeuteuy ini.

Ditambah dengan dukungan lingkungan yang sangat bersih objek wisata ini juga cocok dijadikan spot foto-foto untuk menambah feed Instagram wisatawan.

Curug Cipeuteuy yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai itu sangat menawarkan fasilitas yang nyaman. Terlebih lagi dengan fasilitas kolam bertingkat yang menampung aliran air dari curug tersebut jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berlibur sambil berenang.

5. Situ Cipanten

Objek wisata yang terletak di Gunung Kuning, Kecamatan Sindang ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan ditambah dengan genangan air danau berwarna biru yang bersih. Tempat ini cocok untuk ‘terapi’ jiwa dan pikiran setelah menjalani berbagai rutinitas.

Siapapun yang datang ke Situ Cipanten bakal betah untuk berlama-lama di sana. Sebab, selain pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Danau yang jernih ini juga bisa dinikmati wisatawan dengan cara berenang, berkeliling menaiki perahu atau menyewa bebek gowes yang disediakan oleh pengelola.

Selain itu, fasilitas seperti sejumlah wahana juga disediakan di wisata ini, sehingga menambah keseruan berwisata di Situ Cipanten ini.(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News