Next Post
FA-720x90-promo-tiket-konser-westlife

Antisipasi Libur Sekolah, Stasiun Jatibarang Operasionalkan 4 Perjalanan Kereta Api

KAI Daop 3 Cirebon

INDRAMAYU,

Memprediksi lonjakan penumpang saat liburan sekolah, PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasionalkan 5 Kereta Api (KA) jarak jauh. 5 KA pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon yaitu 4 KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jatibarang – Jakarta dan 1 KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember.

Ke-4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jatibarang – Gambir tersebut yakni 1.            KA 17A, berangkat Stasiun Jatibarang jam 05:32 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 08:05 WIB., 2. KA 29A, berangkat Stasiun Jatibarang  jam 06:37 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 09:14 WIB, 3. KA 23F, berangkat Stasiun Jatibarang  jam 14:17 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 16:55 WIB dan 4. KA 25, berangkat Stasiun Jatibarang  jam 16:37 WIB, tiba di Stasiun Gambir jam 19:15 WIB.

“Kondisi jumlah penumpang di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada tahun 2022, terus menggalami peningkatan yang  cukup signifikan. Kali ini, kita prediksi di akhir Bulan Juni 2022 akan menggalami peningkatan, seiring adanya liburan sekolah. Dimana pihak KAI Daop 3 Cirebon selalu konsisten dalam menerapkan Protokol kesehatan  yang berlaku. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang saat ini, sesuai dengan persyaratan di dalam Surat Edaran Kemenhub No: 57 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19, tanggal 18 Mei 2022,” kata Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, dalam keterangannya, Rabu (22/6/2022).

Menurutnya, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon akan terdapat  rata-rata  99 perjalanan KA Jarak jauh yang beroperasi per harinya. 5 KA pemberangkatan awal dari Daop 3 Cirebon yaitu 4 KA Argo Cheribon relasi Cirebon – Jatibarang – Jakarta dan 1 KA Ranggajati relasi Cirebon – Surabaya – Jember. Sisanya sebanyak 94 KA merupakan pemberangkatan dari  wilayah Daop yang lainnya seperti Jakarta, Semarang, Purwokerto, Jogyakarta, Surabaya dan Bandung.

Suprapto merinci, berdasarkan SE Kementrian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19, tanggal 18 Mei 2022, Pelanggan KA Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksin kedua dan vaksin ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Tes Antigen pada saat proses boarding. Peraturan ini berlaku sejak mulai tanggal 18 Mei 2022, sampai dengan waktu yang ditentukan kemudian, dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya kata dia, bagi pelanggan yang akan menggunakan jasa layanan KA dalam masa liburan sekolah ini, agar  melengkapi persyaratan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Apabila tidak melengkapi persyaratannya, maka akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

“Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding,” beber Suprapto. (safaro)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *