Next Post
bjb digi 22

Arak-arakan Pesta Laut di Kabupaten Cirebon Ricuh, Warga Dua Desa Bersitegang

20190806-Pesta Laut Cirebon Ricuh Juan

 

CIREBON –

Dua warga desa di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon yakni Desa Citemu dan Waruduwur nyaris bentrok saat digelar arak-arakan pesta laut. Massa sempat bersitegang dan saling berhadap-hadapan, beruntung situasi yang memanas ini dapat didinginkan oleh Kuwu dan petugas yang berjaga.

Kericuhan ini diawali oleh arak-arakan larung saji pada pesta laut atau Nadran Desa Citemu yang dihadang oleh sekelompok massa dari Desa Waruduwur yang memasak arak-arakan tersebut tidak memasuki wilayah desanya.

Karena, beberapa waktu lalu arak-arakan Desa Waruduwur tidak boleh masuk wilayah Desa Citemu. Dan peraturan ini sudah disepakati antara kedua Desa tersebut.

Setelah kedua tokoh berembuk, maka arak-arakan Desa Citemu yang biasanya memutar ke jalan perbatasan dengan Desa Waruduwur mendadak diubah rutenya masuk ke jalan Balai Desa Citemu.

Perangkat Desa Waruduwur Lebe Udin mengatakan, peristiwa itu terjadi hanya karena kesalahpahaman, kedua Desa mendapat informasi yang keliru mengenai agenda kegiatan tradisi tersebut.

“Hanya kekeliruan informasi, warga mendengar kabar Desa Citemu melakukan penyerangan. Oleh karena itu, rombongannya di hadang,” katanya, Selasa (6/8/2019).

Namun, setelah kedua pihak diberi pengertian yang di mediasi oleh kepolisian dan kedua perangkat Desa, akhirnya dengan legawa masing-masing kelompok membubarkan diri dan melanjutkan kegiatan.

“Setelah di mediasi mereka saling memahami, dan arak-arakannya tetap berjalan normal,” ujarnya.

Sementara, Kuwi Desa Citemu Yusup Supriadi mengatakan, walaupun terjadi ketegangan arak-arakan pesta laut tetap berjalan hingga selesai.

Pihaknya tidak mempermasalahkan insiden tersebut, karena hal itu hanya kesalahpahaman saja. “Itu hanya miss komunikasi saja. Nadranan tetap berjalan, puncaknya hari Jumat nanti,” ungkapnya. (Juan)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News