Next Post
WhatsApp Image 2021-07-28 at 07.44.02

Bupati Nina Agustina Ajak Semua Pihak Wujudkan Visi Indramayu Bermartabat

0912020_Nina Agustina Pilkada Indramayu 2020

Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina (jilbab merah). Foto: Dok IJnews

INDRAMAYU – Bupati Indramayu, Hj Nina Agustina, berkomitmen menjalankan garis-garis besar rencana pembangunan untuk lima tahun ke depan sebagai pedoman kerja yang akan dicapai pada 2021-2026. Masing-masing adalah Visi, Misi dan Prioritas Pembangunan Daerah mewujudkan Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat).

Paparan Visi Indramayu Bermartabat sudah pernah disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Indramayu seusai dilantik sebagai implementasi amanat Menteri Dalam Negeri melalui Surat Edaran Nomor 273/487/SJ tanggal 21 Januari 2021 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 bahwa bagi Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang telah dilantik agar menyampaikan pidato sambutan sebagai Gubernur, Bupati/Wali Kota pada Sidang Paripurna di masing-masing DPRD setelah melakukan serah terima jabatan.

Visi Indramayu Bermartabat, kepanjangan dari kata Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat dan dapat dijabarkan dari kata BERSIH mengandung arti Pemerintahan yang tulus, ikhlas dan suci. Transparan dalam pengelolaan dan penataan pemerintahan.

RELIGIUS, bermakna bahwa nilai-nilai agama mendasari setiap sikap dan perilaku dalam pengelolaan pemerintahan yang tercermin dalam kehidupan bermasyarakat atas terciptanya kebijakan pemerintahan dan aktivitas masyarakat.

MAJU, diartikan bahwa masyarakat Indramayu cerdas, terampil, bergerak dinamis, kreatif, inovatif serta tangguh menghadapi tantangan, yang ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang kecil, angka harapan hidup yang tinggi dan kualitas pelayanan sosial yang lebih baik dan produktifitas makin tinggi.

ADIL, yaitu keadaan yang dicirikan dengan sifat perbuatan dan perlakuan yang mengedepankan kesetaraan dalam pengambilan keputusan/kebijakan tidak diskriminatif yang hanya menguntungkan sekelompok tertentu/golongan dalam masyarakat.

MAKMUR, yakni kehidupan layak merupakan hak mutlak dari masyarakat Indramayu yang ditandai dengan bebas dari kemisikinan sebagai bentuk tanggung jawab negara melalui pemerintah daerah.

HEBAT dimaknai akan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance dan clean governance), daya saing daerah yang tinggi sehingga mampu lebih unggul dibandingkan dengan daerah lain, masyarakat yang berkualitas dalam pendidikan, maju dalam ilmu pengetahuan dan tekhnologi, tanggap dan responsif dalam menghadapi tantangan global.

Penjabatan Misi Indramayu Bermarbat bakal dijadikan pedoman selama lima tahun ke depan sebagai bentuk operasionalisasi untuk mencapai Visi Indramayu Bermartabat. Yakni, “Sapta Nata Mulia Jaya” yang memiliki arti Tujuh Penataan Menuju Mulia dan Jaya.

Sebagai bentuk implementasi Visi Bupati dan Wakil Bupati Indramayu, Nina Agustina dan Lucky Hakim, saat ini sedang dilaksanakan 10 program unggulan. Program yang sudah di-launching sebagai program prioritas 100 hari kerja antara lain:
1. Indramayu Cepat Tanggap (I-Ceta), sebuah program untuk memberikan solusi atau pertolongan pertama bagi permasalahan kemanusiaan dan darurat.
2. Gerakan Berjamaah Subuh Keliling (Bersuling), yakni program menjemput aspirasi masyarakat lewat temu warga melalui salat berjamaah.
3. Dokter Masuk Rumah (Dokmaru) sebagai salah satu program layanan kesehatan yang menghadirkan pelayanan langsung kepada masyarakat.
4. Kredit Usaha Warung Cilik (Kruwcil), yakni program yang memberikan bantuan kredit kepada warung kecil dan UMKM guna mendorong perekonomian wong cilik bekerja ama dengan BPR.
5. Lebu Digital (Ledig) sebagai program untuk mewujudkan smart village atau desa cerdas.
6. Perempuan Berdikari (Peri), yakni terobosan program pemberdayaan ekonomi yang diberikan kepada para perempuan purna pekerja migran Indonesia dalam bentuk pelatihan skill dan pemberian permodalan.
7. Desa Kabeh Terang (Dekat), sebuah program untuk mengurangi angka kriminalitas dan kecelakaan di desa dengan membangun 1.000 titik PJU.
8. Alun-Alun Rakyat (Alur), yakni program mengembalikan Alun-alun Pendopo Kantor Bupati sebagai ikon dan simbol kedekatan pemimpin dengan rakyatnya.
9. Lacak Aset Daerah (Lada), sebuah program pembenahan, penataan dan penertiban aset -aset daerah yang terbengkalai.
10. Kejar Paket ABC (Jaket), yakni program tuntas buta aksara dan penuntasan kejar Paket A, B, dan C.

Dalam salah satu kesempatan, Bupati Indramayu, Hj Nina mengatakan, visi Indramayu Bermartabat bertujuan agar tingkat kesejahteraan masyarakat Indramayu meningkat. Sementara 10 Program Pembangunan merupakan instrumen untuk akselerasi pembangunan.

Sebagai kabupaten yang sarat dengan sumber daya alam, orang nomor satu di Indramayu itu berharap, potensi kabupaten ini benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indramayu secara keseluruhan. (IJnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News