Next Post
bjb digi 22

Cegah Rabies, Puskeswan Cilimus Vaksinasi Puluhan Anjing dan Kucing

18072019-Vaksinasi Anjing Kucing Kuningan Andri (1)

 

KUNINGAN –

Hewan peliharaan jenis anjing dan kucing milik warga Desa Bandorasa Wetan, Kabupaten Kuningan, diberikan vaksinasi. Hal itu dilakukan, untuk mencegah terjadinya rabies akibat gigitan hewan tersebut.

Sedikitnya ada 30 hewan peliharaan warga mendapat suntik vaksin rabies dari petugas Puskeswan Cilimus secara gratis. Vaksinasi gratis yang rutin diadakan setahun sekali ini, sebagian besar diikuti hewan peliharaan kucing jenis angora dan persia.

Kades Bandorasa Wetan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, Arahmat menuturkan, kegiatan vaksinasi gratis ini mendapat antusias tinggi dari warga masyarakat. Bahkan hanya diumumkan melalui pengeras suara masjid desa, warga berdatangan ke lokasi suntik vaksin rabies gratis di halaman kantor desa.

“Warga cukup banyak ikut suntik vaksin rabies secara gratis bagi hewan peliharaan. Gak ada persyaratan khusus, cukup membawa hewan peliharaan yang dimiliki kesini agar mendapat suntik vaksin oleh petugas,” ucapnya, Kamis (18/7/2019).

Sementara Kepala TU Puskeswan Cilimus, Nani Rahnani mengaku, vaksinasi gratis untuk mencegah rabies yang ditularkan melalui gigitan hewan peliharaan ini, memang menjadi agenda rutin tahunan. Tentunya, vaksinasi ini untuk mencegah terjadinya penularan rabies terhadap warga masyarakat.

“Jadi penyakit rabies ini biasanya ditularkan lewat gigitan hewan dan sangat mematikan, lalu juga belum ada obatnya. Karena itu untuk mencegah terjadi penularan penyakit rabies dari hewan peliharaan kepada pemilik atau warga yang lain, Dinas Pertanian melalui UPTD Puskeswan melakukan kegiatan vaksin rabies rutin setiap tahun secara gratis,” ungkapnya.

Dalam upaya itu, pihaknya kerap kali jemput bola, jika ada keinginan warga masyarakat yang ingin mendapat suntik vaksin bagi hewan peliharaan. Sedangkan jika permintaan pemilik hewan peliharaan banyak, maka akan dipusatkan di salah satu lokasi agar warga berkumpul saat melakukan vaknisasi.

“Lalu untuk hewan peliharaan ini bukan hanya bagi kucing atau anjing, melainkan hewan bertaring lain seperti monyet. Hanya saja, hewan yang akan divaksinasi itu harus berusia diatas empat bulan,” tutupnya. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News