Next Post
bjb okt 2

Dengan ‘Pasukan Paus’ Pemkab Kuningan Target Produksi Ikan 27 Ribu per Tahun

KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menargetkan swasembada ikan dengan jumlah 27 ribu ton per tahun. Saat ini, jumlah yang baru dapat dicapai yaitu 22 ribu ton per tahun.

Swasembada ikan ini ditargetkan dapat terealisasi pada tahun 2023. Sehingga ada beberapa tahun untuk memenuhi kekurangan produksi ikan konsumsi sebanyak 5 ribu ton per tahun.

“Kita sekarang di Kuningan produksi ikan baru mencapai 22 ribu ton. Sehingga untuk mengejar target 27 ribu ton untuk swasembada ikan, kita masih kekurangan 5 ribu ton lagi,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, Denny Rianto, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya, salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengejar target swasembada ikan melalui program Pasukan Paus. Yakni program penebaran sejuta ikan di area perairan umum dan sekitarnya.

“Ini merupakan salah satu program dari peningkatan populasi ikan di perairan umum. Ikan tersebut kan setiap hari ditangkap masyarakat, sementara tidak ada yang menanamnya,” ucapnya.

Dia melihat, penebaran 1 juta bibit ikan itu relatif masih kurang apabila melihat jumlah perairan umum di Kuningan. Sebab perairan umum itu ada 3 jenis yakni waduk, sungai dan situ atau embung.

“Waduk sekarang kita punya 2, sungai ada sekitar 325 kilometer panjangnya, kemudian situ atau embung tersebar di seluruh wilayah Kuningan. Sampai sekarang sudah ada 800 ribuan ekor bibit ikan kita sebar di semua perairan umum,” sebutnya.

Dia berpesan, agar masyarakat tidak menangkap ikan yang baru ditebar. Sehingga ikan bisa tumbuh dan berkembang biak terlebih dahulu.

“Nah baru nanti kalau sudah banyak bisa ditangkap dengan cara apapun. Namun jangan sampai merusak populasi ikan dan ekosistem di sekitarnya,” pintanya.

Di sisi lain, target swasembada ikan berpengaruh pula terhadap program pemerintah daerah dalam pencegahan stunting. Sebab protein di dalam ikan menunjang terhadap pemenuhan kebutuhan gizi keluarga, khususnya pada anak-anak.

“Nanti setelah PPKM kita akan mulai lagi menargetkan 1.000 anak untuk sosialisasi gemar makan ikan. Sehingga akan membantu juga pada pencegahan penyakit stunting,” tutupnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News