Next Post
WhatsApp Image 2021-07-28 at 07.44.02

Distribusi Terhambat, Harga Bawang Putih di Cirebon Merangkak Naik

Penjual bawang putih di Pasar Jagasatru Kota Cirebon. (Indramayujeh)
Penjual bawang putih di Pasar Jagasatru Kota Cirebon. (Indramayujeh)

CIREBON – Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Cirebon, Jawa Barat, mengalami kenaikkan. Naiknya harga bawang putih jenis kating dan bawang putih biasa, terjadi sejak sepekan lalu.

Untuk bawang putih kating semula Rp 19.500/kg, kini naik menjadi Rp 22 ribu/kg. Sementara bawang putih biasa naik menjadi Rp 23 ribu/kg dibandingkan sebelumnya Rp 20 ribu/kg.

Walaupun kedua jenis komoditas tersebut mengalami kenaikan harga, diketahui stok di tingkat distributor maupun di pedagang dalam kondisi aman. Selain itu, komoditas lainnya yang harganya mengalami kenaikkan adalah bawang bombay yakni naik Rp 2 ribu/kg.

Salah seorang pedagang bawang putih di Pasar Jagasatru, Habibi mengatakan, naiknya harga bawang putih jenis kating diperkirakan karena terhambatnya distribusi hingga mengalami keterlambatan.

“Kalau stok aman, tapi pengiriman terlambat sehingga ada kenaikkan harga di pasaran,” katanya, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, para pelanggan keberatan dengan kenaikkan harga tersebut karena terjadi dalam waktu yang relatif cepat. Sejumlah pelanggan pun terpaksa mengurangi jumlah belanjaannya karena harus menyesuaikan dengan bujet yang ada.

“Pembeli merasa kaget, karena baru 2 hari lalu harga sudah naik. Semula mau beli 3 kg jadi dikurangi,” imbhnya.

Sementara, pedagang bawang putih lainnya, Dani mengatakan, dia harus mengikuti harga yang ditentukan di tingkat distributor. Sementara penjualan selama pandemi diakuinya tidak banyak terpengaruh.

“Selama Pandemi tidak berubah sampai PPKM juga penjualan masih normal,” katanya.

Dengan kenaikan harga tersebut, ia pun harus bisa menjaring pelanggan lebih banyak agar komoditas di kiosnya banyak yang terjual sehingga perputaran uang dan omzet bisa lebih meningkat lagi.

“Yang penting sekarang bagaimana caranya jualan supaya barangnya laku. Baik-baik ke langganan supaya bisa betah belanja di kios saya. Kalau tidak begitu pelanggan pada lari,” ujarnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News