Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

DPR Tegaskan Tidak Ada Biaya Tambahan bagi Calon Jemaah Haji

Haji Ilustrasi

MAJALENGKA – Para calon jamaah haji Indonesia bisa bernapas lega saat ini. Sebab, polemik terkait adanya biaya tambahan ongkos naik haji (ONH) di masa pandemi COVID-19 telah dibatalkan pemerintah pusat.

Hal tersebut dipertegas anggota Komisi VIII DPR RI, Jefry Romdonny. Menurutnya, terkait ONH untuk tahun ini dipastikan tidak ada kenaikan.

“Pada saat itu kami (komisi VIII) meminta agar biaya naik haji sama dengan tahun sebelumnya. Jadi memang sempat ada pembahasan soal kenaikan (biaya haji) tapi akhirnya tetap sama, tidak jadi,” kata Jefry saat acara diseminasi pembatalan keberangkatan haji Provinsi Jawa Barat di Hotel Garden Majalengka, Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut, jelas dia, ongkos tambahan yang rencananya akan difokuskan untuk biaya protokol kesehatan (prokes) seperti tes PCR dan karantina, kini bakal ditanggung penuh oleh pemerintah pusat.

“Kalau kemarin soal (biaya) Prokes itu sudah ditetapkan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat,” ujarnya.

Sebab, jika biaya prokes ditanggung oleh para calon jamaah haji, lanjut dia, akan membebankan masyarakat.

“Syarat haji di masa pandemi itu memberatkan masyarakat. Makanya semua biaya prokes yang menjadi syarat tambahan pemberangkatan haji di masa pandemi COVID-19 ini agar ditanggung pemerintah,” tandasnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News