Next Post
bjb digi 22

Dukung Bongkar Muat Material, Pertamina Balongan Resmikan Dermaga Baru

Pertamina Balongan Dermaga Baru

INDRAMAYU – Sebagai kilang yang memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan energi dalam negeri, khususnya untuk wilayah Ibu Kota, Jawa Barat, dan Banten, berbagai project kini terus dikebut pelaksanaannya agar bisa mendukung terciptanya kemandirian energi dalam negeri.

Selain Project Refinery Development Master Plan (RDMP) atau project pengembangan kilang, proyek lain yang saat ini tengah dikerjakan di Kilang Balongan adalah Revitalisasi Unit RCC (Residue Catalytic Cracking).

Untuk mendukung kelancaran Revitalisai RCC, dermaga baru atau dermaga baru juga dibangun di Kilang Balongan yang berfungsi sebagai sarana tambat kapal yang membawa peralatan berukuran besar untuk kebutuhan kilang.

Pembangunan dermaga baru Kilang Balongan ini sendiri memakan waktu selama 7 bulan, dimana pemancangan perdana pembangunan dermaga baru ini dilakukan pada 9 April 2021 lalu. dermaga baru Kilang Balongan ini baru saja diresmikan oleh Senior Project Manager Revitalisasi RCC RU VI Balongan Sugeng Firmanto, bersama Manager Construction Revitalisasi RCC Muhammad Ramdhan, Rabu (29/12/2021).

Di tempat terpisah General Manager Project Balongan, Nugroho mengatakan, pembangunan dermaga baru untuk mendukung revitalisasi berjalan dengan aman dan lancar. “Ini berkat dukungan dan doa dari berbagai pihak internal maupun eksternal,” ungkapnya.

Pada penggunaan perdananya, dermaga baru pada akhir November lalu digunakan sebagai sarana unloding preflash column untuk project RDMP.

Kemudian, pada hari ini, Kamis (30/12/2021) dijadwalkan material besar lainnya akan tiba melalui dermaga baru ini yakni orifice chamber, dan dilanjutkan unloading reactor yang menjadi inti pada project Revitalisasi RCC pada awal Januari 2022, ungkap Nugroho .

Sementara itu Senior Project Manager Revitalisasi RCC RU VI Balongan Sugeng Firmanto, menuturkan dermaga baru ini dibangun dengan tujuan agar proses Revitalisasi RCC bisa berjalan lancar tanpa menganggu Jetty existing di Kilang Balongan yang cukup padat jadwal penggunaannya.

RDMP dan Revitalisasi RCC ini merupakan project strategis yang dikerjakan di Kilang Balongan dan cukup banyak menyerap tenaga kerja lokal pada pelaksanaannya. Dengan selesainya pembangunan dermaga baru ini, Kilang Balongan kini mempunyai dua Jetty atau dermaga, yakni Jetty Propylene yang berfungsi sebagai sarana loading Propylene, LPG dan Avtur, serta dermaga baru sebagai sarana pendukung proyek Revitalisasi RCC.

Nantinya produk yang dihasilkan dari unit RCC ini merupakan produk dengan nilai ekonomi yang tinggi seperti LPG, Propylene, Polygasoline (Mogas dengan RON 98), Naptha High Octane (Komponen Blending Pertamax), Light Cycle Oil (LCO) serta Decant Oil (DCO).(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News