Next Post
banner april

Garap Sawah Dengan Teknologi Moderen, Petani Desa Cangkingan Uji Coba Traktor Remote Control

IMG-20220430-WA0032

 

 

INDRAMAYU 

Aplikasi teknologi pada setiap sektor kehidupan terus mengalami kemajuan pesat. Termasuk pula di sektor pertanian. Berbagai teknologi baru ditemukan untuk membantu memudahkan pekerjaan petani dan mendukung peningkatkan hasil produksi pertanian.

Ternyata petani di Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder juga tidak mau ketinggalan. Saat ini para petani tengah menyiapkan pemanfaatan traktor dengan menggunakan Remote Control (RC) untuk menggarap sawah mereka. 

Dengan mengunakan traktor RC ini, pengemudi tidak perlu turun ke sawah dalam mengendalikan laju traktor namun bisa dilakukan dari jarak jauh. 

Adalah Hamaludin, seorang petani Desa Cangkingan yang tengah melakukan uji coba penggunaan traktor RC untuk menggarap sawah. 

Setelah melihat berbagai referensi dan mempelajarinya, Hamaludin langsung merakit alat dan menempelkannya di traktor agar bisa dioperasikan. 

Jum’at sore (29/4/2022) Hamaludin bersama rekan petani yang lain dengan dukungan dari Pemdes Cangkingan langsung melakukan uji coba. Hasilnya, dengan lancar traktor bisa dijalankan dengan menggunakan remote control yang dioperasikan dari jarak jauh. 

“Ini baru kita uji coba, memang masih banyak kekurangan terutama dalam menempatkan receiver yang ada di traktor. Selain itu juga kita harus memperhatikan keadaan sawah apakah airnya cukup banyak atau sedikit kering,” kata Hamaludin. 

Kuwu Cangkingan Didi Wahyudi menyambut baik inisiatif para petani di desanya ini. Menurutnya para petani sudah mulai open minded dan bisa menerima berbagai perubahan terutama penggunaan teknologi dalam pertanian. 

“Kita akan fasilitasi inisiatif para petani di Desa Cangkingan ini. Sinergi ini terus kita kembangkan untuk Desa Digital demi Cangkingan Jawara,” tegas Kuwu Didi Wahyudi. 

Sementara itu Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi mengatakan, diharapkan akan terus bermunculan para petani kreatif ini sehingga pertanian di Kecamatan Kedokanbunder terus melejit. 

Atang Suwandi menyatakan dirinya sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh salah seorang warganya yang telah melahirkan inovasi di bidang teknologi pertanian. Semoga apa yang dikerjakan warganya ini benar-benar dapat membantu para petani dalam menggarap sawahnya.

“Apresiasi yg sangat tinggi saya sampaikan untuk pak Jamaludin. Saya yakin hal ini sejalan dengan program Ledig (Red: lebu/balai desa digital) & Desa Cangkingan sebagai desa wisata digital (300 besar) yang telah diresmikan oleh kementerian pariwisata, ujar Atang kepada Diskominfo ketika dihubungi melalui telepon selularnya pada Sabtu, 30/4/2022

Atang menambahkan dengan memanfaatkan teknologi pertanian ini diharapkan merupakan dampak positif dari program Lebu Digital atau Desa Digital. Implementasi dari pemanfaatan teknologi ini tentunya adalah untuk kemajuan bersama.

“Dengan implementasi ini diharapkan tujuan bersama untuk mewujudkan Kedokanbunder Hebat dan Indramayu Bermartabat bisa terlaksana,” pungkasnya (Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News