Next Post
bjb digi 22

Harga Cabai di Cirebon Sama ‘Pedasnya’ Seperti di Daerah Lain

05072019-Pantauan Pasar Harga Cabai Kuningan Andri (1)

 

CIREBON –

Seperti di daerah lainnya, harga cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Cirebon juga mengalami kenaikan. Hal ini diduga karena musim kemarau yang mengakibatkan jumlah panen di tingkat petani mengalami penurunan hingga mengakibatkan suplai ke pedagang jadi minim.

Kenaikan harga, hampir dialami oleh semua jenis cabai. Seperti di Pasar Pasalaran Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, cabai merah yang awalnya Rp30.000/kg, naik menjadi Rp65.000/kg.

Cabai rawit semula Rp40.000/kg, naik menjadi Rp70.000/kg. Dan, cabai hijau juga ikut naik semula Rp12.000/kg, menjadi Rp25.000/kg.

Salah satu penjual cabai di pasar tersebut, Umi mengatakan, pasokan cabai di pasar berkurang tidak seperti biasanya. Menurutnya, kekurangan itu disebabkan oleh penurunan hasil panen akibat musim kemarau. “Dari musim panas, panennya menurun,” katanya, Jumat (11/8/2019).

Karena stok yang terbatas, ia terpaksa menaikkan harga cabai. “Kenaikkan harga cabai sudah dari dua minggu terakhir,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah dapat memberikan solusi agar harga cabai stabil sehingga pendapatan pedagang tidak mengalami penurunan.

“Kalau harga cabai naik, pembeli mengurangi jumlah belanjaannya. Otomatis, pendapatan kita juga menurun. Saya hanya bisa berharap kepada pemerintah, supaya harga cabai tidak naik turun,” pungkasnya. (Juan)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News