IndramayuJeh
IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh IndramayuJeh

Kinerja bank bjb Impresif, Aset dan Laba Alami Kenaikan di Kuartal I Tahun Ini

Kinerja bank bjb Impresif, Aset dan Laba Alami Kenaikan di Kuartal I Tahun Ini

 

BANDUNG – Kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (bank bjb/BJBR) di kuartal I tahun 2021 berhasil menunjukkan kinerja yang cukup impresif.

BJBR tercatat berhasil membukukan laba bersih Rp 479,32 miliar atau kenaikan 14,2% dari periode yang sama tahun lalu di angka Rp 419,61 miliar.

Jika dibandingkan dengan salah satu Bank Pembangunan Daerah (BPD) pesaingnya yakni PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM), bjb/BJBR tentu lebih baik. Dimana, BJTM pada periode ini hanya mampu tumbuh 3%.

Dari segi aset, BJBR juga terpantau mampu tumbuh kencang total aset tumbuh di periode yang sama tahun lalu di angka Rp 123,02 triliun menjadi Rp 143,6 triliun atau kenaikan sebesar 16,7%. Angka ini lagi-lagi jauh berada di atas industri perbankan yang tumbuh 7,41% dan rata-rata BPD yang tumbuh 9,6% pada periode yang sama.

Total kredit yang diberikan juga berhasil melesat 12,9% ke angka Rp 91,2 triliun yang menunjukkan komitmen BJBR dalam membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional melalui penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) apalagi jika mengingat pada periode yang sama pemberian kredit perbankan nasional masih terkontraksi 1,9%.

“Tak hanya itu, dari sisi dana pihak ketiga, Bank bjb juga mencatat pertumbuhan 17,9% dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi Rp110,6 triliun, angka ini juga di atas industri perbankan nasional yang tumbuh 9,62% dan kelompok BPD yang naik 12,25%,” kata Pemimpin Divisi Corporate bank bjb, Widi Hartoto.

Pertumbuhan kinerja, rasio-rasio perbankan lainya juga tergolong sehat dan jauh lebih perkasa dibandingkan dengan rata-rata industri perbankan di bulan Maret 2021.
Rasio Kredit bermasalah alias Non Performing Loan (NPL) di Q1 2021 berada di angka 1,40% turun dari periode yang sama tahun lalu di angka 1,65%. Bahkan angka ini jauh di bawah rata-rata NPL perbankan di angka 3,1%.

Rasio profitabilitas yang diukur oleh Net Interest Margin (NIM) juga terpantau profitable di angka 5,53% dimana lagi-lagi BJBR sukses mengungguli rata-rata NIM perbankan di angka 4,62%. (IJnews)

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

        
indramayujeh.com Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.