Next Post
bjb digi 22

Kisah Supardi, Pedagang Es Dawet Keliling yang Naik Haji

20190710_Supardi Pedagang Es Dawet Naik Haji Majalengka

 

MAJALENGKA –

Dari 1.979 jamaah haji asal Kabupaten Majalengka tahun ini, salah satunya adalah Supardi (68), warga Deesa Mirat, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka.

Berangkat ke Tanah Suci adalah impian yang jadi kenyataan. Cerita Supardi demi mewujudkan impiannya menginjakan kaki di rumah Allah SWT cukup panjang dan berliku.

Supardi adalah seorang pedagang es dawet yang selalu berusaha menyisihkan keuntungannya untuk tabungan haji. Singkat cerita dari hasil berjualannya, Supardi mendaftarkan diri pada 2024. Tapi, takdir membuat Supardi berangkat ke Tanah Suci tahun ini karena ada jatah penambahan kuota haji.

“Saya mendaftarkan diri pada tahun 2014 dan mendapatkan jatah kursi tahun 2024, akan tetapi Allah SWT berkehendak lain bagi saya, ternyata saya bisa berangkat haji pada tahun ini,” ujar Supardi yang ditemui di Alun-alun Jatiwangi, Rabu (10/7/2019).

Pria kelahiran 1951 mengakaui, uang yang digunakannya untuk ongkos haji merupakan tabungan dari hasil jualan es dawet dengan berkeliling ke berbagai tempat, khususnya daerah Kecamatan Leuwimunding, Palasah dan Jatiwangi.

Selain itu, dalam kesehariannya Supardi senantiasa tidak lepas dari kegiatan beramalnya kepada sesama, baik kepada fakir miskin, anak yatim, pondok pesantren dan lain sebagainya. Sehingga dirinya merasa bahagia ketika ada kabar pada tahun ini bisa melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci Arab Saudi.

“Selama ini saya terus melakukan kegiatan shodaqoh, infak, kepada fakir miskin, pondok pesantren, sehingga saya rasa ini buah hasil dari apa yang selama ini saya dan keluarga lakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, supardi direncanakan berangkat pada tanggal 23 Juli, bersama kloter 74 asal Kabupaten Majalengka. “Alhamdulillah saya berangkat haji tahun ini berdua bersama nenek saya,” pungkas Supardi.

Adapun jumlah jemaah haji asal Kabupaten Majalengka pada 2019 ialah sebanyak 1.979 orang. (Oki)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News