Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

Konsumsi Ikan di Jawa Barat Masih di Bawah Target Nasional

Kampanye Gemar Makan Ikan Andri Kuningan (3)

 

KUNINGAN –

Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat, yang kini baru berkisar di angka 29,6 kilogram/kapita/tahun. Jumlah itu masih di bawah target konsumsi ikan di tingkat nasional sebesar 50,65 kilogram/kapita/tahun.

“Tingkat konsumsi ikan di Jawa Barat 29,6 kg per kapita per tahun, perhitungan konsumsi itu adalah ikan yang dimakan per kapita/tahun. Target nasional sudah 50 lebih, jadi Jawa Barat kalau di tingkat nasional itu baru 29, nasional sudah 50,65 kilogram/kapita/tahun, jadi masih jauh,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar Jafar Ismail saat kampanye gemar makan ikan di Pandapa Paramarta Kuningan, Selasa (23/4/2019).

Oleh sebab itu, pihaknya terus mengkampanyekan, gerakan gemar ikan bagi warga masyarakat khususnya generasi muda baik pelajar maupun mahasiswa. Bahkan setiap tahun, kegiatan serupa kerap dilakukan di sejumlah kabupaten/kota berbeda di Jabar. “Kemudian kita bersama Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat, diantaranya untuk gemar ikan yang menyasar anak-anak sekolah seperti TK, SD, SMP, dan sekarang ini SLTA,” terangnya.

Disebutkan, produksi ikan air tawar di Jabar sendiri mencapai 1,2 juta ton/tahun dan ikan laut 230 ribu ton/tahun. Total produksi ikan setiap tahun di Jabar mencapai 1,4 juta ton/tahun. “Produksi ini yang paling banyak itu di budidaya sebanyak 1,2 juta ton/tahun. Sedangkan ikan laut sebanyak 230 ribu ton/tahun itu dari kegiatan penangkapan nelayan-nelayan di laut,” jelasnya.

Dalam peningkatan produksi ikan lanjutnya, diantaranya melakukan perbaikan indukan unggul, tanpa harus menambah lahan dapat meningkatkan produksi 30% jika petani memakai induk unggul. Misalnya induk Nirwana (Nila Mas Wanayasa), ikan jenis ini lebih cepat tumbuhnya ketimbang nirwana lokal.

Sementara itu Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar menjelaskan, berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bahwa tingkat konsumsi ikan masyarakat pada tahun 2018 adalah 25 kilogram/kapita/tahun. Angka ini masih dibawah capaian rata-rata tingkat konsumsi ikan Jabar yakni 28,53 kilogram/kapita/tahun. “Bahkan masih dibawah capaian rata-rata konsumsi ikan nasional yaitu 50,65 kilogram/kapita/tahun,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, pihaknya kedepan, program pembangunan perikanan di Kuningan lebih besar kepada meningkatkan produksi budidaya perikanan untuk menuju swasembada ikan pada tahun 2023. Tentunya dengan tetap berupaya mempertahankan dan meningkatkan konsumsi ikan masyarakat.

“Produksi budidaya perikanan masih belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi ikan, ada gap yang cukup besar antara kebutuhan konsumsi ikan dengan produksi ikan hasil budidaya. Pada tahun 2018 produksi budidaya perikanan sebesar 18 ribu ton, sementara kebutuhan konsumsi ikan di Kuningan mencapai 28 ribu ton,” pungkasnya. (Andri)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News