Next Post
WhatsApp Image 2022-09-03 at 12.54.07 (1)

Mahasiswa Baru UT Ikuti OSMB

IMG-20220910-WA0089

 INDRAMAYU —

Universitas Terbuka (UT) Bandung melaksanakan kegiatan Pembekalan Informasi Pendidikan Tinggi melalui Program Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) kepada 117 Mahasiswa Baru Kelompok Belajar (Pokjar) Sindang Kabupaten Indramayu Tahun Akademik 2022 di Aula SMPN Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu, Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan OSMB ini adalah salah satu dari rangkaian kegiatan Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (LPKBJJ) yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru Universitas Terbuka dengan tema “Meraih Masa Depan Gemilang dengan Universitas Terbuka sebagai Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh Berkualitas Dunia”.

Dosen UT Bandung Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd. memberi pembekalan kepada mahasiswa baru UT Pokjar Sindang. Dirinya menyebutkan bahwa kegiatan OSMB merupakan salah satu program akademik untuk mengenalkan sistem dan layanan perkuliahan di lingkup Universitas Terbuka yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Proses belajar di UT berbeda dengan Perguruan Tinggi lainnya. Belajar di UT menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dan secara mandiri.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru paham bagaimana belajar di tempat terbuka yang menerapkan sistem terbuka dan jarak jauh,” ujarnya.

Dalam pemaparan materi, Sholeh Hidayat menyebutkan bahwa belajar mandiri berarti belajar secara mandiri. Mahasiswa harus mampu mengambil inisiatif dan memotivasi diri untuk belajar, baik dengan bantuan orang lain atau tanpa bantuan orang lain dengan memanfaatkan berbagai media belajar, menggunakan strategi belajar dan dapat mengevaluasi hasil belajar sendiri.

Diketahui beberapa rangkaian dari kegiatan LPKBJJ yaitu OSMB, PKBJJ, Workshop Tugas dan Klinik Ujian yang akan dilaksanakan kedepannya. Universitas Terbuka Pokjar Sindang merupakan program Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Indramayu dengan UT Bandung dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Indramayu. (IJnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News