Next Post

Memuliakan Anak Yatim di Bulan Muharam, Dompet Dhuafa Gelar Wisata Edukatif

Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan jalan-jalan bertema Young Travelling 'Bahagia Menjelajah Keragaman'
Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan jalan-jalan bertema Young Travelling 'Bahagia Menjelajah Keragaman'.

IndramayuJeh.com, Cirebon – Bulan Muharam menjadi saat yang istimewa untuk memuliakan anak yatim, salah satunya dengan adanya istilah ‘lebaran yatim’ pada tanggal 10 Muharam. Dalam rangka menyambut bulan penuh berkah ini, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa mengadakan kegiatan jalan-jalan bertema Young Travelling ‘Bahagia Menjelajah Keragaman’ pada 5-6 Juli 2024.

Acara ini mengajak 60 anak yatim dari Jabodetabek menjelajahi berbagai destinasi wisata di Cirebon dan Purwokerto.

Yang membuat perjalanan bersama Dompet Dhuafa ini istimewa adalah penggunaan kereta api untuk perjalanan dari dan kembali ke Jakarta. Destinasi yang dikunjungi meliputi Keraton Kasepuhan Cirebon dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Di Keraton Kasepuhan dan Masjid Agung Sang Cipta Rasa, anak-anak yatim dikenalkan dengan sejarah Nusantara dan penyebaran Islam di Jawa Barat hingga DKI Jakarta. Selain mendapatkan ilmu sejarah, mereka juga mendalami aspek religi dan budaya yang telah mengakar di Indonesia.

Salah satu peserta, Salwa (15), yang berasal dari Yayasan Krukut, menyampaikan kegembiraannya dalam mengikuti perjalanan ini. Ia peserta terpilih yang juga pernah mengikuti Olimpiade O2SN di Makassar tahun 2023, dan selama kegiatan berlangsung, ia sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan.

“Aku senang banget bisa ikut perjalanan, ini pertama kali naik kereta ke arah Jawa,” ujar Salwa.

Kepala LPM Dompet Dhuafa, Kamaludin, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk memuliakan yatim dengan cara berbeda selain memberikan santunan.

“Di waktu libur sekolah, kegiatan ini mengajak anak yatim usia 12-17 tahun untuk jalan-jalan sambil belajar berbagai hal seperti sejarah, agama, budaya, dan nasionalisme,” katanya.

Kamaludin menambahkan bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya menyambut Tahun Baru Islam atau Bulan Muharam.

Selain membawa 60 anak yatim dari Jabodetabek, acara Young Travelling juga menyertakan kegiatan santunan untuk anak yatim setempat. Sebanyak 30 anak yatim di Cirebon dan 30 anak yatim di Purwokerto menerima santunan, menjadikan acara ini sebagai wadah silaturahmi dan penyaluran amanah dari para donatur untuk memuliakan anak yatim.

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkomitmen memberdayakan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welas asih, dan wirausaha sosial. Dalam lebih dari tiga dekade (31 tahun) perjalanan, Dompet Dhuafa telah berkontribusi melalui layanan pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program: pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Nursaid)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News