Next Post
banner april

PDI Perjuangan Indramayu Tanam 1.000 Mangrove di Pataya

IMG-20220123-WA0024

 

 

INDRAMAYU – DPC PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu melaksanakan penanaman mangrove sebanyak 1.000 pohon di kawasan PATAYA atau Pantai Tambak Raya, Indramayu, Minggu (23/1/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu H Sirojudin beserta jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Indramayu, Badan dan Sayap serta PAC PDI Perjuangan Indramayu, juga para pengampu dari dapil 1 hingga dapil 6.

Selain itu, turut hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu Aep Surahman serta Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Indramayu Edi Umaedi dan Kuwu Desa Tambak Heru Purwanto.

Kegiatan ini dilakukan serentak se-Indonesia dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-49 PDI Perjuangan
yang bertemakan “Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya” serta peringatan hari lahir Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. DR. (HC.) Hj. Megawati Soekarnoputri yang ke-75 tahun.

Ketua DPC PDI Perjuangan Indramayu, H Sirojudin mengatakan, penanaman pohon ini merupakan hadiah untuk Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri yang berulang tahun hari ini, 23 Januari. Penanaman pohon ini juga bagian dari politik kebudayaan, untuk merawat bumi dan menjaga lingkungan.

“Gerakan menanam pohon dipilih oleh PDI Perjuangan sebagai bentuk kepedulian partai terhadap lingkungan yang sejalan dengan filosofi perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni kemanusiaan, kebangsaan dan merawat lingkungan, sehingga menginstruksikan seluruh kader PDI Perjuangan untuk melestarikan lingkungan melalui gerakan penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Indramayu,” kata Sirojudin, yang juga Wakil Ketua DPRD Indramayu.

Ia mengungkapkan, dampak bencana banjir, longsor, serta bencana alam lainnya merupakan bencana yang disebabkan oleh ulah manusia yang tidak memperhatikan kelestarian alam. Untuk itu, PDI Perjuangan mengajak seluruh masyarakat di Indramayu untuk melaksanakan gerakan penanaman pohon.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan kesadaran bagi kita semua, kepada masyarakat umumnya untuk tetap selalu menjaga lingkungan kita, bumi kita, dari bencana yang mungkin bisa ditimbulkan akibat penggundulan pohon oleh orang yang tidak bertangung jawab,” tandasnya

Sirojudin menegaskan, mengingat gerakan ini merupakan kerja kolektif yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, maka partai mengharapkan seluruh kader dan simpatisan wajib mendukung gerakan ini, untuk membangkitkan semangat gotong royong untuk lebih mencintai bumi.

“Mudah-mudahan pohon yang sudah ditanam dapat membantu penghijauan lingkungan, jangan lupa nanti pohonnya dirawat,,” pungkasnya

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, Aep Surahman dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tanam pohon yang digelar PDI Perjuangan Indramayu tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai langkah membantu Pemerintah dalam hal penghijauan lingkungan. Apalagi di eksekutif Bupatinya adalah dari PDI Perjuangan, sehingga, lamjut Aep, harus bersinergi dalam mewujudkan Indramayu Bermartabat.

“Dengan menanam mangrove, akan menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah pesisir pantai Tambak ini,” kata Aep

Dikatakannya, tanaman mangrove adalah tanaman yang tumbuhnya disekitar pesisir pantai atau dipengaruhi oleh iklim pantai. Aep menyebutkan, mangrove banyak jenisnya termasuk Bakoan, Api-api, Cemara laut, Waru, Ketapang dan banyak jenis lainnya yang tumbuh di pesisir pantai.

“Mangrove berfungsi sebagai penyedia oksigen, sebagai penahan abrasi dan sebagai plasma Nutfah sumber kehidupan untuk mahluk hidup serta bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan, seperti buah bakoan bisa dimanfaatkan untuk  jenis makanan seperti sirup, kecap dan lain-lainnya,” paparnya.(Bakrudin/ijnews)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News