Next Post
bjb digi 22

Pegiat Literasi Berprestasi di Kuningan Diganjar Kadeudeuh

22072019-Pegiat Literasi Bupati Kuningan (3)

 

KUNINGAN –

Bupati Kuningan, Acep Purnama memberikan kadeudeuh kepada para pegiat literasi yang mampu berprestasi tingkat provinsi. Prestasi kegiatan literasi makin meningkat, tak lepas dari dukungan pemerintah daerah dan partisipasi warga masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Acep menyerahkan piala secara simbolis kepada Juara I Lomba Cerita Anak yakni Ananda Vasya Febrian Al Khairi asal SD Dukuhmaja 2 Luragung yang mewakili Jabar ke tingkat nasional.

Kemudian penyematan selempang kepada Ujang Taufiqurrahman sebagai Juara Favorit Duta Perpustakaan Jabar, dan penyerahan piala kepada Perpustakaan Jendela Dunia Desa Pasayangan Kecamatan Lebakwangi sebagai Juara Harapan I Lomba Perpustakaan Desa tingkat Jabar.

Tak hanya itu, Pemda juga memberikan apresiasi kepada 20 orang pegiat literasi yang tak lain sebagai penulis lokal buku essay berjudul Kuningan Bercahaya.

Bupati Acep menyampaikan, ucapan selamat dan berpesan kepada para pemenang lomba untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi, agar dapat membawa nama baik Kabupaten Kuningan lebih tinggi. Semoga hal ini akan menjadi motivasi untuk masyarakat Kuningan dalam meningkatkan minat baca dan menulis.

“Karena dua hal ini sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia. Dengan harapan memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual,” ujarnya.

Tak lupa, Acep juga mengapresiasi, atas terbitnya buku karya generasi muda Kabupaten Kuningan berjudul Kuningan Bercahaya. “Semoga buku ini bisa menginspirasi masyarakat Kuningan untuk giat membaca dan berkunjung ke Perpustakaan. Sehingga program Kuningan Bercahaya (belajar, membaca, sepanjang hayat) dapat terwujud dan masyarakat Kuningan lebih sejahtera,” harapnya.

Pengelola Kolecer Masjid Syiarul Islam Kuningan, Jaenal Mutakin atau akrab disapa Kang Zeze menuturkan, buku Kuningan Bercahaya bercerita tentang bagaimana meningkatkan minat baca di Kabupaten Kuningan. Buku ini adalah hasil karya pegiat literasi Kuningan, yang pernah mengikuti workshop menulis esai saat acara Gebyar Kunjungan Perpustakaan tahun 2018 lalu dengan narasumber penulis terkenal Indonesia, Gol A Gong.

“Dengan cara menulis praktik baik yang telah dilakukan oleh para pegiat, semoga bisa meningkatkan kemampuan literasi. Prestasi yang diraih berkat doa dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kuningan, dan juga warga Kuningan yang senantiasa mensupport dan berperan aktif dalam mewujudkan Kuningan Bercahaya,” jelasnya.

Dirinya juga mengajak, agar warga masyarakat makin rajin untuk berkunjung ke perpustakaan, untuk membaca buku-buku berkualitas dan mengikuti kegiatan literasi guna mengasah kemampuan membaca maupun menulis.

“Para pegiat literasi ini berasal dari berbagai bidang dan pekerjaan seperti guru, akdemisi, komunitas literasi, forum TBM, pegiat perpustakaan desa, dan juga pelajar yang tergabung dalam Kocibaku (Komunitas Cinta Baca Buku Kuningan). Kita juga dibantu oleh teman-teman paguyuban duta baca Kuningan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kuningan, Drs Ucu Suryana MSi menyatakan, bahwa kegiatan ini sebagai upaya pemerintah daerah untuk mengapresiasi, terhadap masyarakat komunitas pegiat literasi dan perpustakaan desa serta para penulis. Sebab sebelumnya telah mengikuti lomba bidang perpustakaan tingkat Jabar, sehingga berhasil meraih juara terbaik.

“Adanya apresiasi ini, semoga mereka dapat termotivasi untuk lebih meningkatkan prestasinya. Sekaligus dapat menginspirasi seluruh elemen masyarakat Kuningan untuk meningkatkan budaya literasi, sesuai program pemerintah daerah yaitu keputusan Pak Bupati Acep Purnama tentang Kuningan Bercahaya,” tutupnya. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News