Next Post
FA-720x90-promo-tiket-konser-westlife

Pemkab dan KPU Indramayu Sepakat Sukseskan Pemilu dan Pilkada 2024

Pemkab dan KPU

INDRAMAYU,

Pemerintah Kabupaten Indramayu memastikan kesiapannya untuk menyukseskan pesta demokrasi baik Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Tahun 2024 nanti.

Kepastian ini terpantau ketika Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar didampingi Sekretaris Daerah Rinto Waluyo menerima kunjungan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu  di Pendopo Indramayu, Kamis (14/4/2022).

Bupati Indramayu Nina Agustina menyambut baik kedatangan Ketua KPU Kabupaten Indramayu bersama rombongan. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Indramayu menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan segala tahapan Pemilu dan Pilkada pada 2024 mendatang.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Indramayu Ahmad Toni Fathoni mengatakan, kunjungannya di pendopo yang pertama adalah untuk menguatkan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Bupati Indramayu, dan memberikan informasi telah dilantiknya KPU RI oleh Presiden RI Joko Widodo, serta menyampaikan proses penetapan penyelenggaraan serta menyampaikan proses penetapan penyelenggaraan baik Pemilu maupun Pilkada.

“Keputusan 21 sejak jauh-jauh hari sudah kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Bupati Indramayu Nina Agustina, melalui pertemuan hari ini juga tentu kami berharap bahwa pemerintah daerah mensupport untuk Pemilu dan Pilkada Tahun 2024,” kata Toni dalam keterangannya.

30 Hari Ramadan Jadi Manfaat Bersama Indramayu Jeh

Menurutnya, upaya koordinasi perlu dilakukan demi terwujudnya kesiapan antara pemerintah daerah dan KPU selaku penyelenggara hajat demokrasi di tahun 2024 supaya bisa terlaksana dengan baik dan sesuai harapan. Mengingat terdapat 2 agenda yang dilaksanakan di tahun yang sama yakni Pemilu meliputi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislative dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kemudian ada Pilkada atau pemilihan gubernur dan bupati/wali kota.

“Jadi kalau Pemilu dilaksanakan pada 14 Februari 2024 dan Pilkada pada 27 November 2024, artinya ke-serentakannya dalam 1 tahun, bukan penyelenggaraan yang bersamaan. Kami berharap pelaksanaannya nanti bisa diselenggarakan dengan baik dan dukungan dari pemerintah daerah juga baik, sehingga masyarakat terfasilitasi bahwa hak demokrasi adalah milik rakyat semua. Itu harapan kita, jika pemerintah daerah siap, kami sebagai penyelenggara juga lebih siap,” tandasnya.

Toni berharap, angka partisipasi masyarakat Kabupaten Indramayu baik Pemilu dan Pilkada Tahun 2024  bisa mencapai target 77,5 % pemilih. Target ini diharapkan bisa meningkat dibandingkan sebelumnya yang hanya di angka 71% pemilih.

“Kalau KPU pastinya berharap partisipasi masyarakat pemilih secara skala nasional tercapai 77, 5%. Mudah-mudahan Indramayu tahun 2024 bisa di atas 75%, karena pemilu sebelumnya partisipasi pemilih hanya mencapai 71 %. Tentunya target ini harus dikoordinasikan dengan semua stakeholder termasuk pemerintah daerah,” harapnya. (safaro)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *