Next Post
FA-720x90-promo-tiket-konser-westlife

Pentas Kesenian Indramayu Sukses Digelar di Bali, Ini Kata Kadisdikbud

WhatsApp Image 2022-06-15 at 09.55.55

Denpasar, 

Pentas kesenian tradisional dari Kabupaten Indramayu di Gedung  Ksirarnawa Art  Denpasar Bali, Selasa (14/6/2022) malam sukses di gelar. Ratusan masyarakat Denpasar dan beberapa turis mancanegara antusias menyaksikan pertunjukan tersebut. 

Iringan tepuk tangan bergemuruh saat grup kesenian tradisional khas Kota Mangga Indramayu ini unjuk kebolehan di Pentas Kebudayaan Bali (PKB) XLIV 2022. PKB ke-44 ini digelar selama satu bulan terbitung 12 Juni hingga 10 Juli 2022

Diawali dengan suguhan para penari topeng dari Sanggar Mimi Rasinah dari Desa Pekandangan Kecamatan Indramayu disusul grup Rudat Desa Krasak Kecamatan Jatibaran. Kemudian Sintren Gadis Ngarot Kecamatan Lelea dan pentas pamungkas adalah Berokan. 

Kesenian tradisional yang pada zamannya  sebagai media tolak bala ini kian menghipnotis penonton. 

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu, H. Caridin mengaku suka cita pentas Kesenian tradisional Indramayu di Pulau Dewata sukses digelar dan mendapat respon positif dari masyarakat setempat dan turis mancanegara. 

Perjuangan pegiat seni dan budaya dari Bumi Wiralodra kata dia patut diapresiasi. Mereka bisa mengenalkan Kesenian Indramayu secara masif dan meluas ke masyarakat Indonesia dan dunia. 

“Selain Tari Topeng yang sudah go internasional kesenian tradisional lainnya bisa menyusul dan melanglang  buana di mancanegara,” harapnya. 

Caridin juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina yang telah memberikan restu dan suportnya sehingga duta seni Kota Mangga bisa tampil maksimal di PKB ke-44 di Denpasar. 

Hal serupa dikatakan Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Hj. Uum Umiati. Menurutnya,  pentas kesenian tradisional Indramayu di PKB ke-44 Tahun 2022 merupakan undangan dari panitia pelaksana setempat. 

“Dengan diberikannya porsi secara khusus oleh panitia unjuk kebolehan kesenian tradisional Indramayu seperti Tari Topeng, Rudat, Sintren dan Berokan di PKB ke-44 Denpasar, Bali, diharapkan bisa mempromosikan kesenian Indramayu secara luas dan mendunia,” harapnya. (safaro)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *