Next Post
FA-720x90-promo-tiket-konser-westlife

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Pertamina Balongan Tanam Pohon Cemara laut dan Bersih-Bersih pantai

HLH 2

INDRAMAYU,  

Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia (World Environment Day) 5 Juni 2022, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) VI Balongan, Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), Patrapala dan Patra Bike Pertamina melakukan “Gerakan Bersepeda dan Kerja Bakti Bersih Lingkungan Serempak di Seluruh Indonesia”.

Kegiatan ini diawali dengan bersepeda santai bersama sejauh sekitar 15 km dimulai dari halaman GOR Bumi Patra menuju Pantai Tirta Ayu, Desa Balongan Blok Pesisir, Indramayu, Minggu (5/6/2022).

Pjs. Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM) RU VI Eko Nurcahyono menyampaikan bahwa kontribusi bersih pantai yang dilakukan pekerja Pertamina merupakan langkah kecil yang berdampak besar bagi dunia karena dilakukan secara bersama satu Indonesia.

Dalam memperingati HLH 2022 kata dia, pihaknya juga menanam bibit pohon cemara laut di sekitar Kawasan Wisata Pantai Balongan Indah, Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, pada Sabtu, 4 Juni 2022. Kemudian 50 pohon di Pantai Tirta Ayu.

 Untuk menyukseskan acara tersebut sambungnya pihaknya menggandeng Kelompok WIRALODRA mitra binaan Program CSR PT KPI RU VI Balongan, beserta Forum Rembug Balongan (FORBAL).

“Semoga gerakan bersih-bersih ini menjadi penggerak dalam rangka menjaga bumi dan menjaga lingkungan untuk anak cucu. Demikian Juga dengan RU VI Balongan yang selalu memperhatikan dan menjaga lingkungan serta berusaha memenuhi standar lingkungan yang telah ditentukan dalam setiap operasinya sehingga merupakan motor penggerak dalam menjaga lingkungan hidup,” kata Eko dalam keterangannya.

Adapun tujuan dari penanaman itu kata dia, untuk penghijauan area pesisir pantai serta menahan laju abrasi akibat tingginya pasang surut air laut. Di hari pertama kegiatan, sebanyak 150 bibit pohon cemara ditanam sebagai wujud komitmen Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk masyarakat Desa Balongan sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan diharapkan cemara laut bisa tumbuh subur dan menjadi ikon baru di wilayah pariwisata Pantai Balongan Indah.

Sementara itu, Nana kanan, mewakili SP-PBB menyampaikan bahwa pekerja Pertamina wajib menjaga lingkungan. Maka dari itu kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih sampah merupakan salah satu dari wujud nyata dalam menjaga lingkungan dan semoga meng-inspirasi masyarakat umum dan lembaga lainnya di lingkungannya masing-masing.

Manager HSSE RU VI, Muhammad Nur berharap  kegiatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta melakukan kegiatan dalam menjaga lingkungan dalam skala besar seiring dengan makin baiknya kondisi pasca pandemi. (safaro)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *