Next Post
bjb Meriah_HUT RI BI Fast_Specs for Standard BANNER_728x90

Persiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka, Dikbud Indramayu Terima Kunjungan Kerja BBGP Jawa Barat

IMG-20220727-WA0013

 

INDRAMAYU 

Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Indramayu Rinto Waluyo menerima kunjungan kerja (Kunker) Tim dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat, Selasa 26/7/2022.

Bertempat di ruang rapat Sekda Indramayu, Rinto Waluyo yang didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu Caridin, para kepala bidang di lingkungan Dikbud Indramayu, juga Kepala Sekolah dan Guru SDN Unggulan dan SMPN 1 Indramayu menerima kedatangan Plt. Kepala BBGP Jawa Barat Ir. Sri Renani Pantjastuti, MPA bersama tim dan jajarannya.

Kunjungan Kerja BBGP ke Kabupaten Indramayu ini terkait Implementasi Kurikulum Merdeka Kabupaten Indramayu. BBGP melakukan kunjungan kerja ini dimulai tanggal 25 hingga 27 Juli 2022.

Sri Renani menyatakan, tujuan diadakannya Kunker ini adalah untuk memperkuat sinergi dan dukungan pemerintah kabupaten dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan memotret kesiapan sekolah dalam pengimplementasiannya serta mengajak guru dan kepala sekolah dalam pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan Komunitas Belajar.

Masih menurut Sri Renani, Kabupaten Indramayu termasuk daerah dengan jumlah sekolah yang sudah mendaftar. Dalam upaya mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, pihaknya akan bekerja sama secara sinergis dengan Dikbud Kabupaten Indramayu.

Untuk mendukung itu, lanjut Sri Renani, pihaknya mengadakan coaching clinic sehingga masing-masing sekolah dapat mengikuti penjelasan terkait bagaimana pemanfaatan platform Merdeka Mengajar.

Dengan dukungan penuh dari Bupati Indramayu Nina Agustina, Sri Renani berharap Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Indramayu dapat dilaksanakan secara maksimal baik Merdeka Mandiri, Merdeka Berbagi, atau Merdeka Berubah.

Kehadiran Tim BBGP Propinsi Jawa Barat dalam kunjungan kerjanya di Indramayu akan berdampak pada kesiapan sekolah dalam pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan dapat secara optimal memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) serta Komunitas Belajar untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.

Plt. Kepala Dikbud Kabupaten Indramayu Caridin mengatakan, pihaknya siap mendukung sekolah penggerak di Kabupaten Indramayu yang telah mendaftar Kurikulum Merdeka jalur mandiri. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya dalam mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka di tahun ajaran baru ini diantaranya dengan melakukan pendataan calon satuan pendidikan yang akan mengikuti pendampingan implementasi kurikulum merdeka, melakukan seminar atau lokakarya untuk mensosialisasikan implementasi kurikulum merdeka.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman tenaga pendidik terhadap kurikulum merdeka dengan mendorong pemanfaatan pemanfaatan platform merdeka mengajar serta pemberdayaan dan mengaktivasi komunitas belajar,” ujarnya.

Tidak lupa Caridin juga menyampaikan selamat kepada seluruh sekolah yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka baik itu di Indramayu maupun di seluruh Indonesia. Dirinya juga mengajak seluruh jajaran pendidikan untuk memberikan yang terbaik bagi siswa.

“Selamat dan sukes untuk seluruh sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka di Kabupaten Indramayu dan di seluruh Indonesia. Mari berikan layanan pembelajaran yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan murid-murid kita demi mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia,” pungkasnya. (Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News