Next Post
bjb digi 22

Plt Bupati Cirebon: Kawasan Rebana Cocok Jadi Ibu Kota Jawa Barat

IMG-20190831-Imron Rosyadi Plt Bupati Cirebon

CIREBON

Wilayah Cirebon dinilai daerah yang paling cocok untuk menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Barat. Gagasan ini muncul, setelah Gubernur Jabar Ridwan Kamil mewacanakan pemindahan pusat pemerintahan dari Kota Bandung.

Rencana itu salah satunya disebabkan karena Bandung menjadi wilayah yang kian padat. Saat ini, ada tiga daerah yang menjadi kandidat Ibu Kota Jawa Barat yang baru, yakni Tegalluar Kabupaten Bandung, Walini Kabupaten Bandung Barat dan kawasan Rebana (Cirebon-Subang-Patimban) – Majalengka.

Plt Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyambut baik rencana pemindahan tersebut, karena daerah yang dipimpinnya menjadi salah satu daerah yang dinilai paling siap dibanding daerah lain di Jawa Barat.

“Dari segi geografis dan sejarah wilayah Cirebon adalah lokasi yang tepat untuk menggantikan Bandung,” katanya, Sabtu (31/8/2019).

Selain itu, kawasan Rebana sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk menopang Ibu Kota Provinsi seperti Pelabuhan, Bandara Internasional, Jalur KA sudah double track, wilayahnya pun jauh dari bencana alam. “Daerah ini infrastrukturnya saling mendukung dan terintegrasi,” imbuhnya.

Ia mengaku, walaupun kawasan Rebana menjadi daerah salah satu calon Ibu Kota Provinsi, hingga kini belum ada pembahasan lebih lanjut. “Belum ada pembahasan secara formal dengan Pemprov Jabar. Hanya baru obrolan kecil saja,” ujarnya.

Pemkab Cirebon masih menunggu keputusan dari Pemprov Jabar, dimana lokasi ibu kota baru ditentukan. Namun, Ia memastikan mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota tersebut.

“Kalau sudah ada keseriusan baru kami akan ke provinsi dan melakukan kajian, dan kita sangat mendukung,” pungkasnya. (Juan)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News