Next Post
WhatsApp Image 2022-09-03 at 12.54.07 (1)

Posko Mudik Bermartabat di Indramayu akan Berikan Kenyamanan Bagi Pemudik

BPBD

INDRAMAYU,

Posko Mudik Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) di Kabupaten Indramayu akan memberikan rasaa aman dan nyaman bagi ribuan pemudik yang melintas di Jalur Pantura Indramayu. Posko Mudik itu disiapkan menyusul  diberlakukan kembali tradisi mudik  setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi COVID-19.   

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu Dadang Oce Iskandar mengatakan momen mudik lebaran 2022 Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyedikan tempat beristirahat sementara bagi pemudik yang dinamai Posko Mudik Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Oce tidak menampik, Jalur Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Indramayu Jawa Barat menjadi salah satu rute perjalanan mudik langganan setiap tahunnya yang dilintasi ribuan pemudik dari sejumlah daerah. Oleh karenanya memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik, Pemkab Indramayu menyediakan 5 posku mduik dan 3 posko pada saat arus balik lebaran 2022. Total 8 Posko Mudik.

“Dengan total 8 posko ini nantinya diyakini akan memberikan kesan tersendiri bagi pemudik untuk beristirahat sejenak karena ditopang adanya UMKM khas Indramayu dan penampilan kebudayaan asli Indramayu yang akan dikenalkan untuk para pemudik,” kata Oce dalam keterangannya, Senin (25/4/2022) sore.

Oce menyebutkan, Posko Mudik Bermartabat ini terdapat fasilitas yang disiapkan seperti Posko Kementerian PUPR, tempat istirahat ber-AC, tempat pemeriksaan kesehatan, tempat bermain anak, tempat Kumpul-kumpul keluarga, kursi pijat dan toilet yang memadai.

“Di Posko Mudik Bermartabat para pemudik tidak hanya beristirahat  melepas lelah  juga akan mendapatkan kenangan karena Posko Mudik Bermartabat ini akan menyediakan produk UMKM Indramayu. Mereka juga bisa menyaksikan hiburan dari penampilan kebudayaan Indramayu,” katanya.

Hal lainnya, kata Oce, Pemerintah Kabupaten Indramayu akan berpartisipasi dalam pengamanan untuk membantu kelancaran lalu lintas. Terutama pada saat meminimalisir ketika terjadinya bencana alam seperti hujan atau pohon tumbang akibat angin ribut yang berimbas pada terganggunya arus mudik lebaran.

“Kami akan mengantisipasi sedemikian rupa, bilamana ada banjir karena imbas curah hujan sedang, tinggi  ataupun adanya pohon tumbang dan lainnya. Kita harus siap mengevakuasi kejadian yang tidak diinginkan untuk dapat menjamin kelancaran perjalanan mudik,” sebutnya.

Dadang Oce Iskandar juga mengingatkan  untuk para pemudik agar mengutamakan persiapan sebelum melakukan mudik maupun balik, cek kendaraan dan kesehatan tubuh secara dini dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Utamakan keselamatan, keamanan, dan kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan karena pandemi masih ada. Disiplinan berlalulintas serta persiapan kendaraan maupun kesehatan pemudik itu sendiri,” pungkasnya. (safaro)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News