Next Post
bjb digi 22

Ratusan Anggota Polres Majalengka Pemegang Senpi Jalani Psikotes

20190809_Psikotes Mapolres Majalengka Oki

 

MAJALENGKA –

Catatan kelam aksi koboi oknum Polisi ditambah kasus penembakan sesama anggota Polri yang terjadi belum lama ini, memunculkan perasaan waswas peristiwa serupa kembali terulang di lembaga penegak hukum.

Mengantisipasi hal tersebut, sebanyak 230 personel Polres Majalengka mengikuti tes psikologi atau psikotes guna memastikan pemegang Senpi dalam kondisi kejiwaan yang sehat. Giat tersebut diselenggarakan di Aula Kanya Wasistha Polres Majalengka, Jumat (9/8/2019).

Personel kepolisian yang mengikuti tes adalah petugas yang dibekali senjata api (senpi) ketika bertugas. Tes yang dilakukan oleh tim psikolog Polda Jabar itu merupakan salah satu tolak ukur layak atau tidaknya seorang aparat kepolisian memegang perlengkapan dinas berupa Senpi.

Personel yang dibekali Senpi berasal dari berbagai satuan. Di antaranya Satuan Reskrim, Satlantas, Satuan Narkoba, dan personel yang bertugas di setiap polsek.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan keamanan senpi dinas saat dipergunakan personel, terutama personel yang selama ini memegang senpi,” kata Kapolres Majalengka AKBP Mariyono melalui kepala bagian sumber daya KOMPOL M Gozali.

Selain itu, kata M. Gozali, tes itu bertujuan untuk meyakinkan bahwa senjata api dinas akan dipergunakan dalam kondisi aman. “Artinya, ke depan tidak ada yang menyalahgunakan senjata. Maka tes ini sangat penting untuk diikuti seluruh personel pemegang senjata api,” katanya.

Lebih lanjut dia, selain harus menempuh tes psikolog, para pemegang senjata api harus memenuhi syarat utama. Syarat itu antara lain harus berpangkat Brigadir Kepala, lulus psikotes, dan personel bertugas di bagian operasional. “Dan yang paling vital, tidak mengonsumsi narkoba atau minuman keras, disiplin, serta berperilaku baik dan absensinya baik,” katanya.

Adapun Tim Psikologi Polda Jabar Kabag Psikologi Biro SDM Polda Jabar AKBP Heri Fatnanta,S.Psi. Paur Psipers Bag Psi RO SDM Polda Jabar Ine Dewi Karnia didampingi Kabag Sumda Polres Majalengka KOMPOL M.Gozali besrta rombongan tim Psikologi Polda Jabar. (Oki/SRM)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News