Next Post
bjb okt 2

Tim Pemanjat Tebing Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Puncak Gunung Ciremai

Pengibaran bendera merah putih sukses dilakukan di puncak Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (BPBD Kuningan)
Pengibaran bendera merah putih sukses dilakukan di puncak Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (BPBD Kuningan)

KUNINGAN – Momentum HUT ke-76 RI dimanfaatkan para pegiat lingkungan khususnya pemanjat tebing di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, untuk mengibarkan bendera merah putih berukuran besar di beberapa titik. Salah satunya yakni bendera merah putih raksasa sukses berkibar di puncak Gunung Ciremai.

Tak hanya di puncak Gunung Ciremai, bendera berukuran besar juga berhasil dikibarkan di ketinggian tebing Curug Ngelay Bagawat Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, bendera yang sama berukuran 10×7 meter hanya dikibarkan di atas pohon setinggi 12 meter.

“Jadi untuk pengibaran bendera itu mengambil beberapa titik, sebetulnya itu dari teman-teman Trem ya. Mereka ada rencana teman-teman dari Trem akan mengibarkan bendera di dinding kawah Gunung Ciremai, itu dilaksanakan hari ini,” kata Kepala BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana saat diwawancarai awak media, Selasa (17/8/2021).

Selain itu, Ia menyebut, pengibaran bendera raksasa juga dilakukan di wilayah Cirebon. Termasuk pengibaran bendera berukuran besar yang berlokasi di Curug Ngelay Selajambe, Kuningan.

“Momentum kemerdekaan ini sebagai wujud dari teman-teman Trem, untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan cara unik. Dalam prosesnya kami juga memberikan arahan-arahan, akhirnya mereka juga naik ke Gunung Ciremai dan berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Ciremai, informasinya ada sampai 15 orang yang naik kesana,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Komunitas Panjat Tebing Merah Putih (KPTMP) Kuningan, Melina Fitriani Ajeng Supartho Putri mengakui, apabila bendera merah putih raksasa yang biasa dikibarkan saat momentum kemerdekaan, tetap dilakukan pengibaran. Hanya saja, tim yang mengibarkan tidak seluruhnya dari KPTMP Kuningan.

“Memang ada satu tim lagi untuk bendera merah putih raksasa yang biasanya kita kibarkan, sekarang dikibarkan di tebing Curug Ngelay Selajambe. Jadi bendera raksasa kita itu tetap berkibar di hari kemerdekaan ini, itu dikibarkan bersama dengan tim lain,” ucapnya.

Dia mengaku, setiap momentum kemerdekaan biasanya pengibaran bendera raksasa rutin dilakukan. Hanya tahun ini, bendera tersebut tetap dikibarkan namun bersama dengan tim lain.

“Nah itu bendera yang biasa kita kibarkan, sekarang dikibarkan bersama tim lain. Karena tahun ini kita fokus untuk mendampingi pengibaran bendera oleh spiderkids di Hutan Kota Mayasih,” pungkasnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News