Next Post
bjb Meriah_HUT RI BI Fast_Specs for Standard BANNER_728x90

Tingkatkan Aspek Keselamatan, Pertamina Balongan Gelar Peringatan Bulan K3 Nasional

Pertamina Balongan
Pertamina Balongan

 

INDRAMAYU

Pertamina RU VI Balongan Indaramyu menunjukkan komitmen dan perhatiannya terhadap aspek keselamatan pekerja. Jiwa seseorang tetap harus jadi prioritas dalam rutinitas perusahaan, apalagi bagi pekerja Pertamina yang memiliki tingkat risiko keselamatan yang tinggi.

Salah satu langkahnya dengan menggelar pelatihan sebagai simulasi keselamatan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam menyambut peringatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Lapangan HSE Check Point yang ditandai dengan penekanan tombol sirine, Senin (21/1/2019).

General Manager (GM) Pertamina RU VI Balongan, Burhanudin secara resmi membuka kegiatan ini. Peringatan bulan K3 diawali dengan melaksanakan upacara yang diikuti pekerja dan  mitra kerja RU VI.

Pelaksanaan peringatan bulan K3 mengacu pada keputusan Menteri Tenaga Kerja No 386/2014 tentang petunjuk pelaksanaan bulan kelesamatan dan kesehatan kerja  nasional.

Peringatan Bulan K3 di Pertamina tahun ini mengangkat tema ‘Wujudkan HSSE Beyond Culture Untuk Business Sustainability’ yang menyesuaikan dengan tema nasional yang dikeluarkan Menteri Ketenagakerjaan yakni ‘Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja Untuk Membangun Stabilitas Ekonomi Nasional’.

GM RU VI Burhanudin dalam sambutannya mengatakan, peringatan bulan K3 tahun ini menjadi moment bagi seluruh pekerja RU VI dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya aspek K3 untuk mengindari terjadinya kecelakaan kerja.

 “Sebuah kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan cidera atau kematian, namun juga menyebabkan kerugian materil, moril, dan pencemaran lingkungan serta mempengaruhi produktivitas pekerja,” tegas Burhanudin.

Burhanudin juga mengingatkan seluruh pekerja dan mitra kerja untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam bekerja serta  peduli terhadap potensi-potensi yang bisa menyebabkan insiden kapan saja dan dimana saja.

Sementara itu, Manager Heatlh, Safety, and Environment (HSE) Pertamina RU VI Balongan Hartanto menyatakan, kegiatan peringatan bulan K3 di RU VI bertujuan untuk meningkatkan budaya safety kepada para pekerja dan keluarga, serta mitra kerja yang pada akhirnya dapat menciptakan zero accident.

Hartanto menegaskan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam bekerja. Setiap pekerja yang akan bekerja terutama di area kilang hendaknya memahami corporate saving rules, dan menjalankan prinsip 3P (Paham apa yang akan dilakukan, Paham risiko, Paham mitigasinya) agar pekerjaan yang dilakukan berlangsung aman.

Ketua panitia bulan K3 Deby Sanjaya dalam laporannya menyampaikan, tahun 2019 ini RU VI juga mengadakan berbagai perlombaan terkait aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja, diantaranya lomba Ide idea generation, safety campaign, Good House Keeping (GHK), Excellent Team Race,  safety riding, fire combat, dan kuis K3. Selain itu, dalam peringatan bulan K3 2019 juga diadakan kegiatan edukatif seperti talk show bertemakan kesehatan dan sosialisasi pemadaman api untuk istri pekerja. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News