Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

Tingkatkan Penghasilan Petani, Perhutani Gelar Program Makmur Jagung di Indramayu

Petani Indramayu

INDRAMAYU – Dalam rangka menyukseskan program pemerintah dan meningkatkan penghasilan petani hutan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Indramayu fasilitasi pelaksanaan kegiatan Program Makmur Jagung kepada 9 Kelompok Tani Hutan (KTH) di Pesanggrahan Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Cikawung, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/11/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Administratur Perhutani KPH Indramayu , Asep Saepudin beserta jajaran, perwakilan dari PT Pupuk Kujang, Wahyu Sunu Aji, PT Sang Hyang Seri (SHS), PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo) dan Kelompok Tani Hutan (KTH).

Administratur KPH Indramayu Asep Saepudin mengatakan, pada dasarnya kami mendukung Program pemerintah yang di luncurkan Kementrian BUMN dan Pupuk Indonesia (Persero) kepada kelompok tani hutan, karena tujuannya adalah tidak lain untuk menunjang kegiatan pertanian khususnya tanaman jagung, guna meningkatkan produktivitas hingga penghasilan para petani dengan tetap menjaga kelestarian hutan.

“Melalui Program Makmur jagung ini Perhutani KPH Indramayu telah mengalokasikan lahan seluas 130 Hektar terbagi 9 kelompok tani hutan dengan jumlah 65 orang petani hutan yang telah lolos selektif (BI Cheking) oleh pihak pembiayaan yaitu Bank BRI melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ungkapnya.

Semoga dengan terlaksananya Program ini para petani hutan juga bisa meningkatkan kesejahteraannya dan mengajak petani lainnya masuk dalam program makmur “ucapnya.

Mewakili project leader dari PT pupuk Kujang, Wahyu sunu Aji menyampaikan terima kasih kepada pihak Perhutani yang telah memfasilitasi program dari Kementerian BUMN dan Pupuk Indonesia untuk mensejahterakan petani. Di mana ada jaminan asuransi, ada jaminan ketersediaan pupuk, benih dan pemasaran produksi sehingga dapat memberikan ekosistem lengkap yang bertujuan meningkatkan produktivitas hingga penghasilan petani.

Ekosistem di sini nantinya akan melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo dan PT SHS. Ketiga perusahaan ini berkomitmen dalam sektor permodalan dalam hal ini kredit usaha rakyat (KUR) ,jaminan asuransi pertanian dan pengadaan benih juga pemasaran.” Terangnya.

Sedangkan mewakili KTH yang hadir, Tasda dari KTH Wana Lestari mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan kepercayaannya atas terlaksananya program ini, khususnya kepada Perhutani KPH Indramayu yang telah membantu memfasilitasi proses pengajuan sehingga kami 9 kelompok tani hutan dapat dipercaya melaksanakan Program Makmur,” pungkasnya. (Bakrudin/IJ News)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News