Next Post
bjb digi 22

Tolak Pembangunan Kandang Ayam, Warga Cikeleng Temui Komisi I DPRD Kuningan

26082019-Cikeleng Kuningan Kandang Ayam (2)

 

KUNINGAN –

Sebagian warga masyarakat Desa Cikeleng, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan menolak rencana pembangunan kandang ayam di desanya. Atas penolakan itu, puluhan warga menemui anggota Komisi I DPRD Kuningan untuk menyampaikan aspirasinya, Senin (26/8/2019).

Salah seorang koordinator aksi, Iim Suryahim menuturkan, bahwa rencana pembangunan kandang ayam ini dimulai sejak tahun 2016 lalu ketika masih menjabat sebagai Ketua BPD Cikeleng. Saat itu, BPD merasa tidak dilibatkan dalam proses musyawarah terkait pembebasan lahan untuk pembangunan kandang ayam di Desa Cikeleng.

“Polemik ini terjadi tahun 2016, kami menerima laporan dari warga terkait adanya pembebasan lahan. Kemudian kami memanggil pihak desa, perwakilan warga dan pihak perusahaan, dan kami dipertemukan di Bandorasa. Kami menanyakan kenapa pembebasan lahan terjadi tanpa pemberitahuan ke BPD, kalau kata perusahaan sudah dengan Pemdes,” bebernya.

Disebutkan, rencana pembangunan kandang ayam itu akan berdiri di lahan seluas 10 hektar. Warga menolak karena lokasi yang akan dijadikan kandang ayam diapit oleh lingkungan warga setempat.

“Lahan disitu jangan dibangun kandang ayam, dari lokasi itu menyalahi sebab berdekatan dengan permukiman warga. Jaraknya beragam, ada yang hanya lima meter dan ada juga yang 100 meter,” terangnya.

Tokoh masyararakat Desa Cikeleng, Nana Rukmana menambahkan, masyarakat Cikeleng menolak terhadap pendirian kandang ayam di Blok Ciwareng dan Blok Cipedem. Alasan penolakan itu karena rencana pembangunan kandang ayam di dua lokasi berdekatan dengan pemukiman warga.

“Bahkan katanya ada rencana pengeboran tanah sedalam 160 meter untuk diambil air. Kalau Desa Cikeleng diambil airnya, dikhawatirkan akan kekurangan air bersih, sumur-sumur warga akan mengalami kekeringan. Sekarang saja musim kemarau sulit air, karena Cikeleng daerah tadah hujan,” tandasnya.

Tak hanya itu, pihaknya menilai, jika kawasan itu dibangun kandang ayam dapat mengganggu aktivitas pendidikan di Sekolah Dasar, yang kebetulan lokasinya berdekatan. Ditambah bahwa Kecamatan Japara ini masuk dalam zona komunitas perkebunan mangga, bukan sebagai kawasan untuk peternakan. (Andri)

 

 

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News