Next Post
bjb Amazing SurePrize Media Online_Media Online 970x90px

Universitas Majalengka Ciptakan Aplikasi untuk Bantu UMKM dan BUMDes

IMG_20211018_Aplikasi Unma Bumdes Rajawangi

MAJALENGKA – Para pelaku usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kini menjadi ujung tombak di tengah pemulihan ekonomi pada masa pandemi COVID-19.

Untuk menaikkan kemampuan dan omzet para pelaku UMKM di masa pandemi ini, kreativitas dan inovasi harus dikedepankan agar produk mereka tetap bisa dipasarkan ditengah mobilitas serba dibatasi.

Guna mendorong hal tersebut, tim Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Universitas Majalengka, membantu UMKM di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mengelola bisnis berbasis digital melalui e-commerce, baik dalam bentuk platform website maupun aplikasi.

“Aplikasi ini di bangun atas keresahan pemasaran hasil produk-produk lokal. Mereka (pelaku UMKM lokal) belum bisa berinovasi di masa pandemi ini. Maka dari itu kita dorong, agar produk mereka tetap bisa dipasarkan,” ujar Koordinator GNRM Kemenko PMK Universitas Majalengka 2021, Terry Sugihardi, Senin (18/10/2021).

Lebih lanjut, kata dia, untuk pembuatan aplikasi tersebut pihaknya hanya menghabiskan waktu sekira 3 hari. Adapun untuk aplikasi tersebut sampai saat ini, lanjut dia, pihaknya baru membuat untuk 2 desa di Majalengka.

“Sampai saat ini baru 2 desa yang kita bikinkan di Desa Panjalinkidul, Kecamatan Sumberjaya dan Desa Rajawangi, Kecamatan Leuwimunding,” katanya.

“Makanya kalau ada program lagi setahun kedepan tidak menutup kemungkinan kita akan menambah desa lagi,” sambungnya.

Tak hanya untuk membantu dalam hal berinovasi, lanjut dia, pihaknya juga telah menghibahkan aplikasi tersebut.

“Kami hibahkan aplikasi itu, kami bimbing dulu cara penggunaannya, selebihnya silahkan dikelola oleh desa setempat,” tandasnya.(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News