Next Post
WhatsApp Image 2021-07-28 at 07.44.02

Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kuningan Baru Capai 12 Persen

Petugas melakukan vaksinasi. (Indramayujeh/Andri)
Petugas melakukan vaksinasi. (Indramayujeh/Andri)

KUNINGAN – Program percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, masih terus dilakukan. Sejauh ini, program vaksinasi yang dijalankan baru mencapai angka 12 persen.

Percepatan program vaksinasi ini makin gencar dilakukan tenaga kesehatan (nakes) hingga tingkat desa dan kelurahan. Termasuk vaksinasi massal yang menyasar para pegadang di pasar-pasar tradisional sebaai upaya menekan angka kasus COVID-19 yang sejak Mei 2021 menunjukkan peningkatan kasus secara nasional.

Misalnya pada Kamis (22/7/2021), pemerintah daerah menargetkan sebanyak 800 orang menjalani vaksinasi di Pasar Kepuh Kabupaten Kuningan. Kegiatan vaksin COVID-19 massal ditujukan bagi para pedagang Pasar Baru, Pasar Rakyat Langlangbuana dan Pasar Kepuh.

“Tahap pertama sudah dilakukan pada 12 Juli 2021 di Kantor Pasar Baru. Sasaran vaksin adalah para pedagang Pasar Baru dan Pasar Rakyat Langlangbuana,” jelasnya.

Dia menyebutkan, jumlah pedagang yang mendapatkan vaksin tahap pertama mencapai 170 orang. Hal tersebut dikarenakan banyak pedagang yang sudah mendapatkan vaksin, namun sebagian lagi tidak siap divaksin sehubungan memiliki penyakit bawaan.

“Tahap kedua kita laksanakan pada 22-23 Juli 2021 di Pasar Kepuh. Sasaran vaksin adalah para pedagang Pasar Kepuh sekitar 800 orang,” sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, Susi Lusiyanti mengakui, apabila progres Vaksinasi COVID-19 baru mencapai angka 12 persen. Sehinga program vaksin massal dapat membantu proses percepatan Vaksinasi COVID-19 di Kuningan.

“Iya kita masih proses vaksinasi massal. Sekarang kita sudah di angka 12 persen dari jumlah total 936 ribu orang, mudah-mudahan percepatan vaksinasi berjalan baik,” ucapnya.

Terkait pemberian dosis ke-3 pemberian vaksin terhadap tenaga kesehatan, Ia mengaku, hingga kini belum dilakukan. Sebab masih menunggu perintah dan kiriman vaksin dari pemerintah pusat.

“Kita belum ya, tapi kita akan mengikuti aturan dari pemerintah saja. Kita persiapkan, kalau nanti ada sinyal dan vaksin sudah turun, maka kita sudah siapkan,” terangnya.

Pihaknya menyebut, vaksinasi dosis ketiga akan dilakukan bagi semua nakes di Kabupaten Kuningan. Vaksinasi ini dilaksanakan secara bertahap tergantung dari jumlah Vaksin COVID-19 yang dikirim dari pemerintah.

“Ya untuk semua nakes di Kuningan, tergantung nanti berapa vaksin yang turun, semuanya menjadi prioritas. Kita sesuaikan vaksinasi ini secara bertahap,” pungkasnya. (*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News