Next Post

Bank bjb Raih Penghargaan BPD Terbaik Indonesia

Rio Lasanier

BANDUNG – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank bjb) kembali mencatatkan prestasi gemilang sebagai pemenang BPD Terbaik dalam ajang Indonesia FX Award 2022.

FX Awards bertujuan untuk mempromosikan transparansi dan likuiditas di pasar valuta asing Indonesia dan sebagai pengakuan bahwa hal ini penting bagi perekonomian Indonesia yang lebih luas. Pemenang penghargaan ditentukan berdasarkan aktivitas perdagangan di platform perdagangan Valuta Asing di Refinitiv.

Direktur Information Technology, Treasury & International Banking bank bjb, Rio Lanasier, mengatakan bank bjb merasa terhormat karena meraih penghargaan Indonesia FX Trading Awards 2022 dan mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah berinisiatif mengadakan platform FX Matching bersama Refinitiv.

“Kami merasakan dengan adanya platform seperti ini maka transaksi FX, Dollar-Rupiah khususnya akan menjadi lebih transparan sehingga bank bjb bisa memberikan harga yang terbaik bagi nasabah dan juga kecepatan,” kata Rio dalam keterangan yang diterima Indramayujeh, Senin (11/4/2022).

Rio mejelaskan bank bjb senantiasa mendukung Bank Indonesia yang mendukung platform baru berupa FX Matching demi memberikan harga yang terbaik dan kecepatan bagi nasabah.

“Kami berharap jumlah kontributor akan terus bertambah sehingga meningkatkan volume transaksi Dollar-Rupiah dan juga memperdalam market Dollar-Rupiah di Indonesia,” paparnya.

Refinitiv meluncurkan FX Multi Matching atau layanan pencocokan dalam perdagangan Valuta Asing elektronik secara global dan terkemuka di Indonesia, yang mewakili pasar elektronik antar bank pertama di Indonesia dalam perdagangan Valuta Asing.

Refinitiv FX Matching menawarkan pengguna di Indonesia dapat mengakses likuditas pasar Valuta Asing lebih baik sehingga terjadi pendalaman pasar valuta asing di Indonesia yang membuat likuiditas Valuta Asing menjadi lebih baik, meningkatkan partisipasi pasar, meningkatkan terjadinya perdagangan dengan harga yang dikehendaki oleh pembeli serta penjual dan membantu regulator menjaga pasar yang adil dan transparan.

Valuta asing tetap menjadi salah satu kelas aset yang paling aktif diperdagangkan di dunia. Volume harian rata-rata (ADV) perdagangan valuta asing di seluruh platform FX Refinitiv secara global mencapai $491 miliar pada Januari 2022, dengan volume harian rata-rata untuk perdagangan spot sebesar $97 miliar.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti menilai Bank Indonesia mengapresiasi Refinitiv sebagai penyedia pertama Sistem FX Multi-matching di pasar domestik Indonesia.

“Kami menyambut baik penyedia eksternal mana pun yang mendukung pasar domestik selama mereka berkomitmen untuk membangun pasar uang Indonesia dan sepanjang sesuai dengan ketentuan dan regulasi Bank Indonesia,” ujarnya.

“Saya juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua bank yang berpartisipasi dalam platform baru dan saya berharap transaksi melalui ETP Multi-matching akan terus meningkat di masa depan.”

“Ke depan, upaya untuk mengembangkan Financial market infrastructures (FMI) akan terus dilakukan. Namun, Bank Indonesia menyadari bahwa kita tidak dapat melakukannya sendiri, kita harus bekerja sama untuk mencapai keadaan pasar uang yang modern dan maju yang diinginkan,” ungkapnya.

Sementara Direktur Penjualan FX Trading-Asia di Refinitiv, menuturkan bahwa FX Awards ini merupakan award yang pertama diadakan di Indonesia. Pihaknya juga mengucapkan selamat yang sebesar-besarnya kepada semua pemenang.

“Refinitiv telah hadir di Indonesia sejak 1984, dan sebagai salah satu sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terbesar di dunia, kami berkomitmen untuk mendukung pasar keuangan yang efisien, transparan, dan tangguh di Indonesia,” paparnya.***

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News