Next Post
bjb Meriah_HUT RI BI Fast_Specs for Standard BANNER_728x90

DD Farm Jabar Hadir untuk Meningkatkan Kualitas Kurban dan Kesejahteraan Masyarakat

DD Farm Jabar IJNews

BANDUNG – Setiap tahun lebih dari 40 ribu hewan kurban setara domba dan kambing didistribusikan oleh Dompet Dhuafa. Angka distribusi menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan tersebut juga selaras dengan sebaraan manfaat yang dirasakan oleh para mustahik dan peternak lokal di berbagai daerah Indonesia. Melihat potensi sebaran yang semakin luas maka lahirlah Dompet Dhuafa Farm (DD Farm).

DD Farm adalah kawasan peternakan modern yang terintegrasi dan sebagai salah satu bentuk implementasi zakat produktif. Diresmikan pada tahun 2020 dan saat ini sudah ada di 12 cabang Dompet Dhuafa, salah satunya Jawa Barat.

Sebagai pilot project program Sentra Ternak Domba di Jawa Barat, DD Farm mencoba memberikan inspirasi pengelolaan ternak domba yang dipelihara diatas lahan seluas 1.129m2 dengan kandang koloni seluas 750 meter persegi (m2) yang dapat menampung hewan ternak lebih dari 1.000 ekor.

Untuk mendukung produksi ternak domba yang berkualitas, DD Farm Jabar menyediakan fasilitas penunjang kandang berupa gudang pakan, mes karyawan, aula dan pipanisasi air untuk kebutuhan minum hewan ternak. Sedangkan untuk mendukung tercapainya bobot dan kesehatan hewan ternak, DD Farm memberikan pakan alternatif berupa konsentrat, complete feed, dan kebutuhan vitamin serta obat.

DD Farm telah menyiapkan SDM terampil untuk mengelola ternak, terdiri dari 1 manajer kandang dan anak kandang yang disesuaikan dengan kebutuhan ternak. SDM terampil ini diambil dari masyarakat disekitar kandang guna mempeluas manfaat program berupa pemberdayaan masyarakat sekitar program.

“Besar harapan kami DD Farm dapat menjadi solusi permasalahan ekonomi dan sosial masyarakat desa lewat kegiatan ternak yang diusung. Mampu menyediakan hewan kurban yang berkualitas dan sesuai syariat serta disisi lain program ini mampu memberdayakan peternak dhuafa di area berdirinya kandang DD Farm.” Ungkap Andriansyah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jabar melalui keterangan releasenya pada (Kamis, 7/7/2022).

Kedepannya DD Farm Jabar akan terus meningkatkan aplikasi konsep peternakan modern dengan mengintegrasikan proses perawatan ternak yang sustainable dari hulu ke hilir. Tidak hanya berupa penjualan domba, DD Farm Jabar juga memproduksi pupuk, pakan, tanaman pangan dalam ekosistem ternaknya. Kedepan DD Farm juga akan menjadi Edu Farm, yaitu sebagai pusat percontohan ternak yang terintegrasi dan sebagai sarana belajar ternak bagi siapapun.(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News