Next Post
bjb Meriah_HUT RI BI Fast_Specs for Standard BANNER_728x90

Jelang Kurban, Dompet Dhuafa Jawa Barat Pastikan Stok Hewan Terjamin Sehat

Dompet Dhuafa Kurban 1

BANDUNG – Pencegahan penyebaran virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak dilakukan oleh seluruh kru kandang DD Farm. Mengikuti arahan dari dinas peternakan untuk melakukan tindakan preventif.

DD Farm merupakan sentra ternak milik Dompet Dhuafa Jabar yang ada di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Program ini memberdayakan peternak dhuafa melalui aktivitas pengadaan dan penggemukan domba. Memiliki luas kandang mencapai 750m2 dengan kapasitas ternak sebanyak 1.040 ekor domba. DD Farm dikelola oleh seorang manajer kandang dan juga anak kandang.

Maraknya penyebaran virus PMK menjadi perhatian khusus bagi tim kandang dalam melakukan tindakan preventif. Disinfeksi kandang diterapkan untuk mensterilkan kandang dari virus maupun bakteri penyebab PMK. Selain itu rangkaian kegiatan Quality Control (QC) juga dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban sesuai dengan syariat dan terhindar dari gejala PMK.

Quality Control (QC) dilakukan untuk meninjau berbagai hal diantaranya; bobot hewan, tidak adanya cacat pada badan hewan, cukup umur, serta sehat tidak bergejala penyakit. QC tidak hanya dilakukan di kandang penggemukan saja melainkan dilakukan juga di kandang pengadaan yang berasal dari Cianjur, Bogor, Subang, dan Sukabumi.

Bentuk lolos proses QC yang sah diperkuat dengan adanya SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan Qurban) dari Dinas Perikanan dan Peternakan setempat. Selain itu hewan-hewan inilah yang nantinya akan digunakan untuk kurban pada hari raya Idhul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022.

“Memastikan hewan ternak sehat terutama menjelang hari raya Idhul Adha adalah prioritas kami sebagai kru kandang. Proses QC ini memudahkan kami untuk mengidentifikasi kesehatan dari hewan ternak mulai dari menimbang berat badan, pengecekan suhu, dan kesempurnaan fisik hewan ternak,” ucap Agus Purnama, selaku Manajer Kandang DD Farm saat ditemui Kamis (30/06/2022).(*)

indramayujeh

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

762ba2bf06f1b06afe05db59024a6990

Recent News